Asuransi Kesehatan dan Rawat Jalan yang Perlu Dimiliki

Abadikini.com – Kesehatan tentu mudah sekali berubah dan risiko jatuh sakit bisa terjadi kapan saja, maka perlu memiliki asuransi kesehatan.

Asuransi satu ini adalah asuransi penting yang perlu diprioritaskan. Selain itu, penting juga untuk memerhatikan risiko apa saja yang ditanggung oleh asuransi tersebut.

Apakah asuransi rawat jalan yang mencakup risiko menjalani rawat jalan atau tidak alias hanya asuransi rawat inap?

Asuransi Kesehatan dan Manfaatnya

Asuransi untuk kesehatan merupakan jenis asuransi yang memberi perlindungan terhadap keuangan nasabah dari resiko masalah kesehatan, baik akibat jatuh sakit karena suatu penyakit, kecelakaan, maupun yang lainnya sesuai isi polis.

Asuransi jenis ini menjadi asuransi wajib dan yang paling minimal untuk dimiliki, karena kesehatan bisa memburuk kapan saja. Jika memiliki asuransi kesehatan maka dijamin hati bisa tenang, karena tidak was-was dana tabungan tergerus saat jatuh sakit.

Agar puas dengan perlindungan yang diberikan maka penting untuk memiliki produk asuransi dari perusahaan resmi dimana sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kemudian, dengan memiliki asuransi untuk kesehatan inilah para nasabah bisa mendapatkan banyak manfaat. Di antaranya adalah:

  1. Rawat Jalan

Manfaat pertama adalah mendapatkan layanan perlindungan dari kemungkinan menjalani rawat jalan. Artinya biaya pengobatan rawat jalan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

  1. Rawat Inap

Manfaat kedua adalah mendapatkan perlindungan finansial dari risiko menjalani rawat inap. Sehingga biaya ruang kamar sampai obat-obatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

  1. Tindakan Pembedahan

Asuransi kesehatan juga memberi manfaat perlindungan terhadap risiko pembedahan. Sehingga saat nasabah perlu menjalani prosedur operasi dan masih ditanggung asuransi, maka biayanya ditanggung oleh perusahaan asuransi.

  1. Medical Check Up

Beberapa penyedia asuransi khusus untuk kesehatan juga menyediakan manfaat medical check up gratis. Artinya, nasabah bisa melakukan pengecekan kesehatan berkala yang biayanya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

  1. Asuransi Melahirkan

Manfaat selanjutnya dari asuransi untuk kesehatan adalah mendapatkan asuransi melahirkan. Mencakup perlindungan biaya untuk mengecek rutin kesehatan janin dalam kandungan dan proses persalinan baik normal maupun sesar, sekaligus biaya setelah melahirkan.

  1. Perawatan Gigi

Beberapa produk asuransi kesehatan juga menyediakan manfaat perawatan gigi yang biayanya ditanggung perusahaan asuransi. Salah satu contohnya adalah BPJS Kesehatan yang menanggung biaya perawatan gigi.

  1. Perawatan Mata

Manfaat yang lain adalah mendapatkan perawatan mata, artinya biaya untuk perawatan mata ke dokter umum sampai dokter spesialis akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Asuransi Rawat Jalan

Bicara mengenai asuransi kesehatan memang akan membahas mengenai asuransi rawat jalan. Sesuai dengan namanya, asuransi rawat jalan adalah salah satu jenis asuransi untuk kesehatan yang diberikan kepada nasabah selama masa pemulihan pasca sakit.

Seperti biaya untuk kontrol rutin, di mana biaya konsultasi dan obat ditanggung oleh asuransi rawat jalan tersebut.

Setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan berbeda dalam menentukan resiko mana saja yang ditanggung oleh asuransi rawat jalan. Oleh sebab itu, konsultasikan dulu dengan pihak penyedia asuransi.

Atau bisa juga teliti membaca isi polis asuransi sebelum membubuhkan tanda tangan agar tidak kecewa dan tidak merasa ditipu di kemudian hari.

Rekomendasi Asuransi Rawat Jalan

Apabila membutuhkan rekomendasi asuransi rawat jalan, maka beberapa brand asuransi berikut ini bisa dipertimbangkan:

1. Asuransi Rawat Jalan Jagadiri

Rekomendasi yang pertama adalah asuransi rawat jalan Jagadiri, menyediakan asuransi untuk risiko menjalani rawat jalan maupun rawat inap.

2. Asuransi Rawat Jalan Sinarmas

Asuransi Sinarmas juga memiliki asuransi rawat jalan, yakni melalui produknya yang diberi nama Sinar Sehat.

Sinar Sehat merupakan asuransi untuk kesehatan yang menyediakan perlindungan dari biaya rawat inap dan rawat jalan bagi nasabahnya.

3. Asuransi Rawat Jalan BNI Life

BNI Life melalui produknya yang bernama Spectra HealthCare menyediakan asuransi kesehatan dengan fasilitas perlindungan lengkap. Mulai dari rawat inap, biaya melahirkan, sampai rawat jalan.

4. Asuransi Rawat Jalan AIA

Asuransi AIA menyediakan produk asuransi bertajuk Protection MediPro yang merupakan asuransi karyawan. Lewat produk ini perusahaan bisa menjamin seluruh karyawan mendapatkan asuransi rawat jalan.

Pilihan produk asuransi kesehatan memang semakin berkembang, terbukti dari hadirnya asuransi kesehatan rawat jalan.

Jika membutuhkannya maka salah satu dari empat rekomendasi asuransi kesehatan rawat jalan di atas bisa dijadikan pilihan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker