Trending Topik

Ada Hadits Nabi Mengatakan Rus atau Rusia akan Bergabung dengan Umat Muslim di Akhir Zaman Melawan Musuh Besar, Benarkah??

Abadikini.com, JAKARTA – Pakar Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran (Unpad), Dina Yulianti Sulaeman menyebutkan banyak orang Indonesia saat ini berusaha memahami urusan global yang sangat kompleks, termasuk soal konflik Rusia-Ukraina.

Melansir pikiran rakyat, Dina Sulaeman mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin kagum kepada masyarakat Indonesia karena berani menentang hegemoni Amerika Serikat.

“Ketika semua pemimpin dunia lainnya tetap diam tentang intervensi Amerika di seluruh dunia, Putin berdiri sendiri dalam oposisi yang kuat. Banyak dari kita bersyukur bahwa seseorang seperti dia ada,” kata Dina Sulaeman kepada SCMP, dikutip, Rabu (9/3/2022).

Dina Sulaeman yang juga Direktur Pusat Studi Timur Tengah Indonesia, menjelaskan ada alasan lain mengapa umat Islam Indonesia mendukung Rusia dalam invasi di Rusia.

“Banyak yang percaya pada Hadits Nabi bahwa menjelang akhir zaman, sebuah negara yang dikenal sebagai Rum, yang biasanya diartikan sebagai Rusia, akan bergabung dengan umat Islam untuk melawan musuh besar,” katanya.

Dina Sulaeman menjelaskan Ukraina merupakan ‘Suriah Lain’ yang telah direkayasa Barat untuk mengadu kelompok yang berbeda di dalam negeri dan saling bermusuhan.

Sementara itu, Radityo Dharmaputra, kandidat doktor dalam ilmu politik di Institut Studi Politik Johan Skytte, Universitas Tartu, Estonia, mengatakan Rusia telah berusaha untuk meningkatkan citranya dalam hubungannya dengan dunia Muslim setelah berakhirnya Perang Chechnya Kedua pada tahun 2000.

Radityo mengatakan Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov memiliki daya tarik yang besar di kalangan Muslim Indonesia. Komentar Kadyrov diliput di media berbahasa Indonesia dan dia dipandang sebagai ikon Muslim.

“Ada persepsi bahwa Putin lebih pro-Islam daripada AS, meskipun ada noda yang diingat oleh generasi yang lebih tua ketika Rusia menginvasi Chechnya dan ketika Uni Soviet melakukan hal yang sama ke Afghanistan,” katanya. (*)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker