Perbandingan Gaji Guru di Indonesia dan Luar Negeri, Berikut Angkanya

Abadikini.com, JAKARTAPerbandingan gaji guru di Indonesia dan luar negeri merupakan sebuah pertanyaan yang sering membuat orang penasaran. Pasalnya adalah kesejahteraan Guru di Indonesia saja saat ini masih menjadi salah satu permasalahan yang tak kunjung berakhir. Lantas, bagaimana mungkin jika dibandingkan dengan gaji guru di luar negeri? 

Pada dasarnya, tenaga pendidik atau guru merupakan garda terdepan dalam proses pembelajaran anak-anak bangsa yang bertujuan menjadikan mereka sumber daya manusia yang cerdas, unggul, dan maju di masa depan.

Namun, justru kesejahteraan para guru tersebut masih sebatas wacana tanpa fakta. Gaji yang tidak mencukupi kebutuhan, status honorer yang tak kunjung mendapat kepastian, hingga kesenjangan antara guru yang mendapat tunjangan dengan guru honorer.

Dilansir dari data Kemendikbud tahun 2020, Indonesia memiliki sekitar 3,87 Juta guru, namun hanya 1,15 juta guru yang mendapat tunjangan profesi guru. Sisanya adalah para guru honorer tanpa tunjangan.

Pada umumnya, menurut berbagai sumber, seorang guru honorer biasanya hanya dibayar sekitar RP 200.000 – RP 300.000 per bulannya. Sedangkan untuk guru yang berstatus sebagai PNS berkisar antara 2 juta – 5 juta (tergantung status golongannya).

Lantas, bagaimana perbandingan gaji guru di Indonesia dan luar negeri?

Merujuk pada data Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), berikut beberapa contoh gaji guru di luar negeri:

Guru SD

Urutan pertama ditempati negara Luksemburg dengan gaji sekitar Rp1,04 Milyar-1,52 Miliar per tahunnya. Sedangkan, Australia menggaji guru SD sekitar Rp 620 juta-Rp 883 juta per tahunnya.

Guru SMP

Luksemburg kembali menjadi yang teratas dengan kisaran gaji Rp1,18 milyar-Rp1,62 milyar per tahunnya. Sedangkan, Belanda menggaji guru SMP sekitar Rp 606 juta-Rp1,06 milyar per tahun.

Guru SMA

Di Negara Prancis, guru mendapat gaji sekitar Rp454 juta-Rp550 juta per tahunnya. Kemudian, untuk gaji terkecil adalah negara Latvia yang menggaji guru SMA Rp202,91 juta per tahunnya.

Demikian merupakan perbandingan gaji guru di Indonesia dan luar negeri. Gaji yang diterima guru di Indonesia ternyata masih belum sebanding dengan gaji guru di luar negeri. Semoga kedepannya, pemerintah bisa segera menuntaskan permasalahan kesenjangan sosial dan salah satunya adalah kesejahteraan guru Indonesia.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker