Emma Yohanna Kirim Tim Trauma Healing Hibur Anak-Anak Korban Gempa di Pengungsian

Abadikini.com, PASAMAN BARAT – Pengungsi yang didominasi anak-anak korban Gempa Bumi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat mendapat pemulihan trauma atau trauma healing dari tim yang difasilitasi Anggota DPD RI Emma Yohanna.

Kegiatan tersebut berlokasi di pengungsian utama di halaman kantor bupati Pasaman Barat dan di kenagarian Kajai, Kecamatan Talamau, Selasa (2/3).

“Kami hadir untuk menghibur serta mengajak anak-anak di pengungsian bermain bersama, untuk membantu mengembalikan kondisi mental dan bisa menghilangkan rasa takut pasca kejadian,” ujar Emma Yohanna seperti dikutip, Jumat (4/3/2022).

Ia menerangkan perlunya dilakukan trauma healing ini untuk mencegah trauma berujung kepada masalah kesehatan, bahkan gangguan mental anak-anak. Trauma healing sifatnya mencegah trauma berkepanjangan yang berujung gangguan mental. Untuk itu bermain menjadi salah satu cara trauma healing yang bisa digunakan untuk mencegah anak-anak dari trauma berkepanjangan.

“Sewaktu gempa mereka mengalami cemas, ada yang berlari, dan ada juga yang terluka, bahkan sekarang mereka yang biasanya tinggal di rumah harus menghuni pengungsian, tentu ini berpengaruh pada psikologis. Anak-anak perlu diajak bermain, bernyanyi, kuis, diuji hafalan ayat Al-Quran,” katanya.

Pasca gempa menguncang Sumatera Barat, Ketua Perempuan Indonesia Maju (pim) Sumbar itu mengajak berbagai pihak untuk melakukan kegiatan yang bisa meringankan derita korban gempa. Termasuk melakukan edukasi tentang antisipasi dalam menghadapi gempa susulan yang akan terjadi dengan menggandeng Perempuan Indonesia Maju, JCI, Stikes YPAK Padang. Pihaknya berencana akan kembali turun ke lokasi dengan menghadirkan materi yang lebih baru dan lengkap, rencananya akan digelar nonton bersama.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker