Bisa Hancur! Ini Akibat Tidak Memiliki Dasar Negara

Abadikini.comAkibat tidak memiliki dasar negara, maka sebuah negara bakal hancur tak bersisa. Pasalnya dasar negara bersifat sangat penting demi keberlangsungan bangsanya. Apabila suatu negara tidak memiliki dasar negara yang kuat sama saja negara itu tak mempunyai ideologi.

Mengapa dasar negara atau ideologi penting? Karena ideologi berguna menentukan arah, visi dan misi, cita-cita sebuah negara. Jika dianalogikan, ibarat rumah yang tidak memiliki fondasi. Bangunan tersebut akan gampang hancur.

Namun jika suatu negara telah memiliki dasar negara yang kita, maka begitu ada ancaman dan rintangan semua akan mudah dilalui.Artikel kali ini, kami akan menyampaikan beberapa akibat tidak memiliki dasar negara.

Tak Ada Pedoman Bernegara

Seperti yang disinggung di atas, sebuah negara harus merupakan ideologi. Karea ideologi sebuah negara mengandung, impian, visi dan misi dan cita-cita bangsa. Jika tidak memiliki ideologi maka akan hancur, layaknya bangunan yang tidak ada fondasi.

Apabila pemerintahan berjalan sekalipun, maka suatu saat negara itu bakal berhenti dan terus berlarut-larut hingga tahun-tahun ke depan.

Tidak Memiliki Dasar Hukum

Dasar Negara menjadi pijakan bagi adanya Dasar Hukum.  Karena  produk hukum tidak boleh bertentangan dengan dasar sebuah negara. Tapi bisa saja negara membuat undang-undang dan alat hukum,namun yang jadi pertanyaan apakah dapat mewakili rasa keadilan bagi warganya?

Padahal fungsi hukum yaitu menjadi pengatur dan pembatas kebebasan masyarakat dalam bertindak. Jika produk-produk tersebut  tidak berdasarkan dasar suatu negara  maka bagaimana produk itu dapat melindungi hak-hak warga negaranya?

Tidak memiliki Acuan Membuat Visi Misi Negara

Ketika sebuah negara tidak memiliki dasar negara, maka ke depannya, ia akan kebingungan dalam menyusun visi misi negara. Karena visi misi itu dapat hadir dan diwujudkan jika ada sebuah ideologi kuat yang melekat pada suatu negara.

Sebagai contoh, sebuah negara berideologi komunis, maka dia akan menekankan suatu paham tentang kesetaraan sosial dan menghapus kelas-kelas dalam bermasyarakat. Contoh lainnya, negara dengan ideologi kapitalis, pemerintahan negara tersebut lebih mementingkan kekuatan kapitalnya guana membangun negaranya.

Menuju kepada Jurang Kehancuran

Akibat tidak memiliki dasar negara yang paling buruk adalah negara menuju jurang kehancuran. Maksudnya adalah kehancuran dapat disebabkan beberapa sektor, baik internal maupun eksternal. Faktor internal seperti gejolak sosial dapat menjadi aksi makar dan kudeta kepemimpinan. Jika tak mempunyai sebuah dasar negara yang dapat dijadikan pedoman, maka negara itu akan mudah sekali hancur dari faktor internal.

Rakyat Pun Hancur

Selain negara akan hancur terlebih dahulu, rakyat akan jauh lebih hancur. Karena dalam kehidaupan berbangsa dan bernegara perlu adanya pedoman hidup. Sebagai warga negara kita membutuhkan nilai-nilai kehidupan yang tepat. 

Bayangkan, jika ada warga negara yang negaranya saja tidak memiliki ideologi, tidak memiliki dasar negara dan dasar hukum, maka ia akan bertindak sewenang-wenang.

Tak Ada tanggung Jawab Antara Rakyat dan Pemerintah

Akibat tidak memili dasar negara yang terakhir, yaitu tidak adanya tanggung jawab pemerintah dengan rakyatnya. Dari dasar negara itulah mengatur hak dan kewajiban serta tanggung jawab bagi pemerintah maupun rakyatnya sendiri.

Demikian sejumlah pembahasan akibat tidak memiliki dasar negara. Semoga negara kita tercinta terus maju dan jaya. Karena Indonesia memiliki dasar negara yang sudah cukup kuat.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker