IPC Larang Atlet Rusia Tampil di Paralimpiade Beijing 2022

Abadikini.com, JAKARTA – Komite Paralimpiade Internasional (IPC) pada Kanis (3/3/2022) melarang Atlet Rusia dan Belarus untuk tampil di Paralimpiade Musin Dingin Beijing 2022 pada 4-13 Maret mendatang.

Keputusan itu diambil setelah muncul amcaman boikot oleh negara lain atas invasi Rusia ke Ukraina.

Pernyataan itu datang sehari setelah IPC memberi lampu hijau kepada atlet dari kedua negara untuk berpartisipasi dalam Paralimpiade Musim Dingin Beijing 2022 tersebut.

Namun Keputusan itu ternyata menuai kecaman dan ancaman dari Komite Paralimpiade Nasional (NPC) berbagai negara untuk memboikot Paralimpiade Musin Dingin Beijing 2022.

“Mereka menyatakan bahwa jika kami tidak mempertimbangan kembali keputusan kami, kemungkinan besar akan ada konsekuensi serius untuk pelaksanaan Paralimpiade Musim Dingin,” kata Presiden IPC Andrew Parsons, seperti dikuti Reuters, Kamis (3/3)

“Beberapa NPC sudah dihibungi oleh pemerintah, tim, dan atlet mereka yang mengancam tidak akan berpartisipasi, ujar Parsons.

“Jika Atlet Rusia dan Belarus akan tetap tinggal di Beijing, negara-negara kemungkinan akan mundur dan Paralimpiade tidak akan mungkin terjadi, sambung Parsons.

Sementara itu, Komite Olimpiade Ukraina menyambut baik keputusan itu dan berterima kasih kepada komunitas olah raga yang telah memberikan dukungan kepada mereka.

“Keputusan yang adil untuk melawan negara yang memulai perang ini, ujar Presiden NPC Ukraina Valeriy Sushkevich.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker