Inilah Daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbesar Di Indonesia

Abadikini.comKebanyakan daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia terletak di pulan Sumatera dan Kalimantan. Iklim tropis menjadikan kelapa sawit mudah tumbuh dan dibudidayakan. 

Selain dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat minyak goreng, kelapa sawit juga digunakan untuk membuat beberapa produk lain seperti sabun. Setiap tahunnya, luas lahan yang digunakan untuk menanam kelapa sawit kian bertambah.

Berikut Abadikini.com telah merangkum 5 daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia:

Riau

Pernah mendengar berita mengenai kebakaran di hutan Riau? Itu disebabkan karena lahan Riau yang termasuk sebagai lahan gambut dan mudah terbakar. Hal tersebut pula yang menjadikan Riau mudah ditanami kelapa sawit.

Lahan kelapa sawit yang terdapat di Riau memiliki luas kurang lebih 2.806.349 hektar. Dengan luas yang melebihi seperempat dari luas Provinsi Riau tersebut, perkebunan sawit tersebut bisa menghasilkan sebanyak 9,5 juta ton kelapa sawit. 

Sumatera Utara

Luas perkebunan kelapa sawit di Sumatera Utara mencapai 1.773.049 hektar pada tahun 2019. Luas ini mengalami peningkatan cukup tinggi dibandingkan dengan tahun 2016 yang hanya mencapai luas 1.342.523 hektar.

Perkebunan sawit di Sumatera Utara ini dapat menghasilkan lebih dari 5,6 Juta ton kelapa sawit pada tahun 2019.

Kalimantan Barat

Perkebunan sawit di Kalimantan Barat sudah ada sejak tahun 1980-an dan dikelola oleh perusahaan milik pemerintah, PTPN XIII. Namun, perkembangan perkebunan di Kalimantan Barat ini banyak menemui masalah.

Luas lahan perkebunan sawit di Kalimantan Barat mencapai 1.570.675 hektar di tahun 2019 dan menghasilkan setidaknya 5,2 Juta ton kelapa sawit.

Kalimantan Tengah

Masih di pulau Kalimantan, Kalimantan Tengah menjadi salah satu daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia selanjutnya. Di tahun 2021, luas lahan perkebunan sawit meningkat menjadi 2.049.790 hektar.

Perkebunan ini menghasilkan kelapa sawit sejumlah 7,6 Juta ton di tahun 2019.

Sumatera Selatan

Sumatera Selatan memiliki luas perkebunan kelapa sawit hingga 1.215.476 hektar di tahun 2021. Berat total yang dihasilkan perkebunan kelapa sawit di Sumatera Selatan ini mencapai 4 Juta ton di tahun 2019.

Itulah daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu Anda.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker