Dubes Jepang Kaget Melihat Banyak Popok Bayi di Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA – Yusron Ihza melakukan bincang-bincang dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji di kanal YouTube Yusron Senpai seperti dilihat Abadikini.com, Kamis (24/2/2022).

Pembicaraan Yusron dengan Dubes Kanasugi kali ini bercerita tentang “Gegar Budaya” (Culture Shock) yang sama-sama mereka alami dalam kedudukan sebagai “orang asing di rantau orang.”

“Saya bercerita tentang hal yang saya alami tahun 1990 saat saya tiba di Jepang. Dubes Kanasugi bercerita pengalaman beliau saat baru tiba di Indonesia tahun 2021 kemarin,” kata Yusron dalam keterangan.

Yusron menuturkan, di akhir 1980-an film seri Drama Jepang “Oshin” menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu orang di TVRI pada setiap minggu. TVRI merupakan satu2-nya TV di Indonesia saat itu. Ia hanya punya TV hitam-putih.

“Karena film di atas, hampir semua orang Indonesia mengalami “Demam Oshin”. Saya pun banyak memperoleh citra tentang Jepang melalui film itu, termasuk bayangan tentang wanita Jepang. Dalam kesan saya, wanita Jepang itu ya seperti Oshin itulah (berbaju kimono begitu dan menyisir rambut begitu),’ tuturnya.

Tapi Lanjut dia menuturkan, saat tiba di Jepang tahun 1990 itu Yusron terperangah melihat Oshin (Tanaka Yuko) tampil sebagai bintang iklan di TV Jepang. Dia tampil pakai celana Jeans, berbaju Kaos T Shirt serta menenteng keranjang plastik belanja. “Wow, hati saya “luluh lantak” dan protes bahwa Oshin bukan itu dan tidak boleh begitu. Untung mata Oshin masih tetap sipit sehingga saya masih agak terobati,” ungkapnya.

Pengalamanan lain, saat belum mengerti Bahasa Jepang di tahun 1990 itu, Yusron juga memiliki kesan bahwa orang Jepang bericara itu seperti orang marah. “Tapi setelah paham, ternyata Bahasa Jepang itu amat indah, halus, dan impressif,” bebernya.

Dalam hal Dubes Kanasugi, gegar budaya yang beliau alamani adalah ketika melihat banyaknya anak-anak di Indonesia. “Di tengah suasana “Aging Society” (penuaan masyarakat) di Jepang, beliau seperti terperangah melihat banyaknya anak-anak di Indonesia,”.

“Beliau juga sering merasa “shock” melihat banyaknya popok bayi dan produk-produk keperluan bayi di supermarket,” kata Yusron ceritakan pengakuan Dubes Jepang itu.

Seru ya! Penasaran dengan kelanjutan ceritanya? Tenang Anda bisa saksikan pada Jumat 25 Februari besok, pukul 12.00 WIB hanya di channel YouTube Yusron Senpai dengan Judul: YusronSenpai Hai! Saksikan Bincang2 tentang Gegar Budaya (Culture Shock)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker