Heboh, AS Klaim Miliki Daftar Nama Warga Ukraina Yang akan Dibunuh Rusia

Abadikini.com, WASHINGTON – Amerika Serikat (AS) mengklaim memiliki daftar nama-nama warga Ukraina yang akan dijadikan target pembunuhan oleh Rusia.

“untuk dibunuh atau dikirim ke kamp” jika terjadi invasi. Demikian isi surat yang dikirim ke kepala hak asasi manusia dan PBB. Seperti dikutip dari AFP pada Senin (21/2/2022).

Surat itu, yang datang ketika Washington memperingatkan invasi segera oleh pasukan Rusia yang berkumpul di dekat perbatasan Ukraina. AS mengaku “sangat prihatin” dan memperingatkan potensi “bencana hak asasi manusia”.

AS memiliki “informasi yang dapat dipercaya yang menunjukkan pasukan Rusia membuat daftar orang Ukraina yang diidentifikasi untuk dibunuh atau dikirim ke kamp-kamp setelah pendudukan militer,” demikian isi surat itu.

“Kami juga memiliki informasi yang kredibel bahwa pasukan Rusia kemungkinan akan menggunakan langkah-langkah mematikan untuk membubarkan protes damai atau melawan latihan damai dari perlawanan yang dirasakan dari penduduk sipil,” kata pesan yang ditujukan kepada Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet.

Catatan, yang ditandatangani oleh Bathsheba Nell Crocker, duta besar AS untuk PBB di Jenewa, memperingatkan invasi Rusia ke Ukraina dapat membawa serta pelanggaran seperti penculikan atau penyiksaan dan dapat menargetkan pembangkang politik dan agama dan etnis minoritas, antara lain.

Rusia telah menempatkan lebih dari 150.000 tentara di dekat perbatasan Ukraina dalam beberapa pekan terakhir, menurut perkiraan AS dan sekutu Barat.

Moskow membantah berencana menyerang tetangganya, tetapi mencari jaminan bahwa Ukraina tidak akan pernah bergabung dengan NATO dan bahwa aliansi Barat akan menarik pasukan dari Eropa Timur, tuntutan yang ditolak Barat.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker