Hari Tanpa Bayangan Kembali Terjadi di Indonesia pada Februari Hingga April

Abadikini.com, JAKARTA – fenomena hari tanpa bayangan Matahari akan terjadi lagi di Indonesia pada Februari hingga April. Fenomena ini terjadi mulai 21 Februari hingga 5 April 2022 tergantung wilayah geografisnya.

Hari Tanpa Bayangan adalah fenomena alam yang unik. Ketika fenomena ini terjadi, bayangan benda tegak akan seolah-olah menghilang.

Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangerang menjelaskan fenomena hari tanpa bayangan terjadi pada siang hari, ini karena Matahari tepat berada di Indonesia ketika tengah hari.

Ia menjelaskan hal ini karena nilai deklinasi Matahari bervariasi antara -11 derajat hingga +6 derajat sejak pekan keempat bulan Februari hingga pekan pertama April.

Deklinasi adalah sudut apit antara lintasan semu harian Matahari dengan proyeksi ekuator Bumi pada bola langit, atau disebut juga ekuator langit.

Karena nilai deklinasi Matahari sama dengan lintang geografis wilayah Indonesia, maka Matahari akan berada tepat di atas kepala kita saat tengah hari.

Ia mengatakan ketika Matahari berada di atas Indonesia, tidak ada bayangan yang terbentuk pada benda tegak tidak berongga saat tengah hari, sehingga fenomena ini dapat disebut sebagai Hari Tanpa Bayangan Matahari.

Hari tanpa bayangan Matahari terjadi dua kali setahun untuk kota-kota yang terletak di antara Garis Balik Utara atau Tropic of Cancer dengan letak 23,4 derajat Lintang Utara, dan Garis Balik Selatan (Tropic of Capricorn; 23,4 derajat Lintang Selatan).

Sementara, untuk kota-kota yang terletak tepat di Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan akan mengalami hari tanpa bayangan hanya sekali setahun yakni ketika Solstis 21 atau 22 Juni, maupun Solstis pada 21 sampai 22 Desember.

Fenomena Indonesia tanpa bayangan Matahari ini akan kembali terjadi pada tanggal 6 September hingga 21 Oktober 2022, saat sinar Matahari datang tegak lurus permukaan Bumi, intensitas penyinaran/radiasi Matahari akan maksimum.

Akan tetapi, Andi menilai fenomena tanpa bayangan Matahari ini tidak mempengaruhi kenaikan suhu di permukaan Bumi ketika beberapa wilayah mengalami hari tanpa bayangan. Hal ini karena kenaikan suhu tidak dipengaruhi sudut penyinaran.

“Melainkan juga dipengaruhi oleh tutupan awan, kadar kelembaban dan jumlah bibit awan hujan. Semakin kecil tutupan awan, kadar kelembaban dan bibit awan hujan di wilayah tersebut, maka suhu permukaan Bumi akan maksimum saat tengah hari,” ungkapnya.

Berikut jadwal hari tanpa bayangan di Indonesia, berdasarkan lokasi yang diprediksi LAPAN-BRIN:

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker