Trending Topik

Doddy Sudrajat Ingin Pindahkan Makam Vanessa Angel, Gus Miftah: Haram Hukumnya

Abadikini.com, JAKARTA – Pendakwah Gus Miftah buka suara terkait rencana Doddy Sudrajat ingin memindahkan makam putrinya Vanessa Angel.

Menurut Gus Miftah berdasarkan empat imam mazhab hukum memindahkan makam itu haram.

“Empat imam mazhab itu hampir semuanya mengharamkan (pemindahan makam). Ada hadits yang menyatakan ‘siapa yang mematahkan tulang mayit itu sama mematahkan tulangnya ketika dia masih hidup’,” ujarnya seperti dikutip dari¬†MataMata.com Jumat (11/2/2022).

Pemilik nama lengkap Miftah Maulana Habiburrahman itu mengungkapkan bahwa tujuan memindahkan makam seorang Muslim harus memenuhi alasan syariat agama Islam.

Adapun alasan yang sesuai syariat yakni kemaslahatan jenazah, persoalan tanah, dan kemaslahatan umat.

“Menurut saya, makam tidak usah dipindahkan. Kecuali dengan alasan syari. Haram hukumnya,” ucapnya.

Gus Miftah mengaku kasihan dengan almarhumah Vanessa Angel jika makamnya dipindahkan.

“Kasihan sama almarhum. Kenapa? Karena membongkar mayit bisa melanggar kehormatannya bahkan bisa jadi memperlihatkan aib si almarhum,” sambungnya.

Pria berusia 40 tahun ini mengungkap, sebuah ironi jika pihak yang ingin membuka aib almarhumah justru dari keluarganya sendiri.

“Untuk apa membongkar aibnya yang sudah meninggal? Apalagi indikasi yang membuka aib itu justru keluarga dan ahli warisnya,” ujarnya.

Alih-alih memindahkan makam, Gus Miftah mengajak pihak Doddy Sudrajat untuk mendoakan almarhumah Vanessa Angel.

“Saya pikir ya sudahlah kita doakan saja Allah menutupi aibnya, mengampuni dosanya, tanpa harus dibongkar-bongkar. Saya pikir almarhum sudah tenang kok di sana,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pemindahan makam Vanessa Angel menuai pro dan kontra. Rencana pemindahan makam itu diinisiasi oleh Ayah Vanessa, Doddy Sudrajat. Kabarnya rencana itu juga ditentang oleh Haji Faisal.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker