Menpora Nilai Timnas Indonesia Belum Maksimal

Abadikini.com, JAKARTA – Timnas Indonesia sukses mengalahkan Timur Leste 3-0 pada pertandingan leg kedua  FIFA Matchday 2022 di Ganyar Bali Minggu (30/1/2022) WIB.

Meski menang, Menteri Pemuda dan Olahraga (Mempora) Zainudin Amali menilai penampilan tim nasional (timnas) Indonesia belum optimal. Menpora meminta terus melakukan banyak uji coba sebelum tampil di event resmi.

Timnas Merah Putih meraih dua kali menang atas Timor Leste di FIFA Matchday 2022. Pada pertemuan pertama menang 4-1, sedangkan di laga kedua unggul 3-0.

Gol kemenangan Tim Garuda pada laga kedua di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, dicetak Terens Puhiri saat laga berjalan lima menit. Lalu Ramai Rumakiek menggandakan keunggulan menit ke-41 dan ditutup Ricky Kambuaya (72′).

Melihat penampilan Ricky Kambuaya dan kawan-kawan, Amali mengatakan masih belum optimal. “Timnas sudah ke arah yang lebih baik meski belum optimal,” kata Amali dilansir dari laman Menpora, Senin (31/1/2022).

Menpora satu pesawat dengan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin (31/1/2022).

Zainudin Amali meminta timnas Indonesia untuk melakukan banyak pertandingan uji coba. Karena menurutnya dengan hanya bermain di kompetisi lokal, tapi tidak melakukan uji coba maka tidak terlihat sejauh mana perkembangan pemain.

“Semakin banyak pertandingan yang diikuti mereka akan semakin terasah. Latihan sebanyak apapun tanpa kompetisi, tanpa uji tanding tidak akan bisa kita lihat hasilnya,” ujarnya.

Menpora mengakui dibawah asuhan pelatih Shin Tae-yong memiliki harapan bagus. Namun ia menilai pemain muda Indonesia masih harus ditingkatkan lagi secara permainan. “Kita punya harapan terhadap anak-anak kita, walaupun meski masih harus digenjot lagi. Anak-anak yang usianya masih muda ini masih ada peluang untuk diturunkan di 2023 nanti,” ungkapnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker