Hebat, Ilmuan Berhasil Lakukan Regenerasi Kaki Katak yang Terpotong

Abadikini.com, JAKARTA – Kemajuan Ilmu pengatahuan dan teknologi kian pesat, Kini para ilmuwan telah berhasil menumbuhkan kembali kaki katak yang terpotong, hal ini menunjukkan pengobatan regenerasi anggota tubuh selangkah lebih dekat untuk menjadi kenyataan.

Dikutip dari Studyfinds, Jumat (28/1/2022), tindakan ini dilakukan oleh para peneliti dari Tufts University. Mereka mengatakan, katak seperti manusia, secara harfiah tidak bisa meregenerasi anggota tubuhnya.

Namun, para ilmuwan menggunakan obat khusus ke katak dan hanya dalam kurun waktu 24 jam dapat memicu proses regenerasi kakinya, diprediksi akan tumbuh sempurna selama 18 bulan kedepan.

Hal ini tentu mejnadi kabar baik bagi jutaan pasien yang kehilangan anggota tubuhnya karena berbagai alasan, mulai dari diabetes hingga kecelakaan. Terobosan yang telah dimuat dalam jurnal Science Advances ini, dapat memberikan mereka harapan baru untuk memulihkan anggota tubuhnya.

Sangat menarik untuk melihat bahwa obat yang kami buat membantu meregenerasi anggota tubuh (katak) dan hampir sempurna,” kata Penulis Utama studi, Dr. Nirosha Murugan dalam keterangan resminya.

Menurutnya, fakta obat yang ditemukan masih membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menuntaskan regenerasi kaki katak, tetapi capaian ini dianggap dapat memicu kemampuan regenerasi pada hewan lain di masa mendatang.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker