Trending Topik

Yenny Wahid Lebih Diunggulkan dari Cak Imin Capres Pilihan Warga NU

Abadikini.com, JAKARTA – Hasil survei dari Riset Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) baru-baru ini mengeluarkan sejumlah nama capres yang menjadi pilihan warga Nahdlatul Ulama (NU).

Riset ini diambil dari responden yang berasal dari pondok pesantren, santri dan juga warga NU lainnya.

Dari sekian nama tokoh yang dihadirkan, salah satu yang muncul adalah nama putri kedua Gus Dur, Yenny Wahid.

Dalam hasil riset itu, Yenny Wahid berhasil mengalahkan dua politisi senior di NU, yakni Muhaiman Iskandar atau Cak Imin dan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Direktur Ekskutif CSIIS, Moh Sholeh Basyari menjelaskan, munculnya nama Yenny Wahid sebagai salah satu kandidat kuat capres pilihan warga NU terkait dengan Gus Yahya dan kepengurusan baru PBNU.

Ia menduga, perubahan itu merupakan respons warga NU atas kebijakan ketua umum PBNU, Gus Yahya, yang ingin menghidupkan Gus Dur.

Selain itu, pihaknya juga menemukan tiga nama yang tertinggi sebagai capres pilihan warga NU.

Ketiga nama tokoh tersebut yaitu Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Ganjar Pranowo.

“Kemunculan Erick Thohir masuk tiga besar survei, bisa dibaca bahwa pendekatannya kepada komunitas NU cukup efektif,” kata Basyari dikutip dari Antara Kamis (27/1/2022).

Jajak pendapat yang dilakukan CSIIS dilakukan serentak di Probolinggo, Pasuruan, Malang. Yogyakarta, Rembang, Magelang, Tasikmalaya, Cirebon, Pandeglang dan Lampung Tengah.

Survei semi riset itu dilakukan pada 7 Januari lalu, dan diambil dengan wawancara mendalam. Wawancara secara tidak langsung, responden tidak dalam posisi mengetahui bahwa dia tengah diambil datanya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker