Pemkot Tidore Kepulauan Gelar Rakor dengan Kemendag RI Persiapan Sail Tidore 2022

Abadikini.com, JAKARTA – Menjelang dihelatnya Sail Tidore 2022 pada September mendatang, Pemkot Tidore Kepulauan menggadakan rapat koordinasi dengan Kementerian Perdagangan RI di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Sebagaimana diketahui, Kemendag sebagai panitia pusat Sail Tidore 2022. Sementara Kota Tidore Kepulauan sebagai panitia lokal yang dibantu oleh kota Ternate dan Pemprov Maluku Utara.

Dalam rapat itu juga hadir Wali Kota Tidore Kepulauan Capten Ali Ibrahim didampingi asisten tiga gubernur Malut, kadis perindagkop Kota Tidore, ketua DPRD, wakil ketua DPRD dan anggota DPRD lainya.

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Sekjen Kemendag Suhanto. Menurutnya, kegiatan ini harus dipersiapkan secara matang, sehingga koordinasi bukan saja dengan kementerian dan lembaga terkait, tetapi juga dengan Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Pemerintah Kota Ternate dan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

“Apa yang menjadi kekuarangan di daerah dapat diakomodir oleh panitia pusat, yaitu di Kemendag. Harapan kami kegiatan ini bisa berjalan lancar dan jangan sampai tertunda lagi,” kata Suhanto.

Suhanto menambahkan, di tahun ini Indonesia mempunyai ratusan acara internasional, di antaranya Sail Tidore, G-20 dan acara internasional lainnya. Oleh karena itu, Suhanto berharap setiap kegiatan internasional harus dipersiapkan secara matang.

Wali Kota Tidore Kepulauan Capten Ali Ibrahim mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan Pemkot Ternate dan Pemprov Malut. Dan, kata Ali, sudah dibagi tugas masing-masing.

Ali menjelaskan, tanggung jawab Pemkot Ternate sebagai lokasi transit utama, maka mereka akan menyiapkan dukungan transportasi, akomodasi hingga tenaga kesehatan dalam menerima para pengunjung maupun tamu VIP dari Jakarta dan mancanegara.

“Membangun komunikasi dan koordinasi ini sangat penting. Kenapa harus melibatkan Pemkot Ternate, karena yang punya wilayah sebagai salah satu pintu masuk di Maluku Utara. Itu salah satu dalam menyukseskan Sail Tidore 2022,” kata Ali saat menyampaikan kondisi lapangan perisiapan Sail Tidore di Kemendag.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker