Meta Umumkan Buat Superkomputer Berbasis AI, Diklaim Tercepat di Dunia

Abadikini.com, JAKARTA – Meta mengumumkan bahwa tim risetnya sudah membuat superkomputer berbasisi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Dilansir dari Reuters, Selasa (25/1/2022), perusahaan raksasa teknologi itu, mengklaim superkomputernya nanti bakal memiliki kinerja paling cepat dan mumpuni di dunia.

Pengumuman tersebut, disebarkan Meta melalui unggahan blog-nya, menyebutkan superkomputer bertenaga AI miliknya bernama Research SuperCluster (RSC).

RSC sendiri, disebut akan membantu Meta membangun lebih banyak model AI terkini, memahami berbagai macam bahasa, menganalisis teks, foto, hingga video yang mengandung konten negatif.

“Ini tidak hanya membantu masyarakat terlindung dari ancaman di ruang digital saat ini, tetapi juga berguna untuk kami mengembangkan metaverse di masa depan,” kata Meta.

Pihak Meta akan menjadikan metaverse sebagai suksesornya di masa mendatang dan menyakini semua masyarakat global bakal terhubung melalui lingkungan virtual yang dibuatnya nanti.

“Pengalaman yang kami ciptakan untuk metaverse membutuhkan kekuatan komputasi yang luar biasa rumit dan RSC akan memungkinkan kelahiran model AI yang baru dan mempelajari triliunan contoh, bahasa, dan masih banyak lagi,” ujar CEO Meta Mark Zuckeberg.

Sementara itu, juru bicara Meta mengatakan, nantinya ada lebih dari dua perusahaan lainnya yang mengembagkan superkomputer itu, di antaranya Nvidia, Pure Storage, dan Penguin Computing.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker