Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Lembah Gumanti Diresmikan 

Abadikini.com, SOLOK – Kepala Kanwil Kemenag Sumbar meresmikan gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama Lembah Gumanti yang berada di Komplek Pemerintah Kecamatan Lembah Gumanti, Jl. R.A. Kartini No. 21 Alahan Panjang, Rabu (20/1).

Dr. Helmi, M.Ag selaku Kepala Kanwil Kemenag Sumbar mengucapkan selamat kepada masyarakat setempat yang telah memiliki gedung megah itu. Kata dia, gedung itu dibangun dengan biaya dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Dengan adanya gedung itu, kata Dr. Helmi, diharapkan semangat kerja pegawai kantor KUA Lembah Gumanti meningkat tajam.

Menurut dia, gedung Balai Nikah dan Manasik Haji yang telah diresmikan itu dapat digunakan untuk berbagai keperluan, antara lain untuk pernikahan, pembinaan keluarga sakinah, pembinaan haji dan lainnya dibawah KUA Lembah Gumanti.

“Semoga gedung ini bisa menjadi sentra pelayanan masyarakat yang di kecamatan ini, gunakan dan jagalah!,” ucap Dr. Helmi seperti dikutip, Jumat (21/1/2022).

Dengan telah adanya gedung untuk membina generasi islami di kecamatan lembah Gumanti itu ia berpesan agar KUA setempat dapat mencegah terjadinya pernikahan dini dan mengurangi angka perceraian yang tinggi.

“Semoga gedung ini membawa keberkahan bagi kita semua, utamanya bagi masyarakat,” ungkap dia sembari mengajak masyarakat agar senantiasa berdoa supaya wabah Covid 19 segera berlalu dan aktifitas kembali normal.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Solok Drs. Zulkifli MM menuturkan bahwa pembangunan gedung megah itu tidak lepas dari peran kepala KUA terdahulu. Tahapan demi tahapan pembangunan gedung, kata dia, bukan perkara mudah. Oleh karena itu, Zulkifli meminta supaya masyarakat, pegawai penghulu, penyuluh, karyawan dan staf dibawah KUA Lembah Gumanti dapat menjaga seluruh asset yang ada.

Ia melaporkan, dalam hal peristiwa pernikahan dan manasik haji setiap tahunnya terbanyak di kecamatan lembah Gumanti. Sehingga, kata dia, gedung itu sangat berguna bagi masyarakat.

Selain Kepala Kanwil Kemenag Propinsi Sumbar dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok juga tampak hadir dalam peresmian gedung itu antara lain tokoh masyarakat, alim ulama dan Wali Nagari sekecamatan Lembah Gumanti.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker