Ketua DPD RI Minta Pemerintah Beri Penghargaan Kepada Relawan Bencana

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta pemerintah memberikan penghargaan dan apresiasi terhadap keterlibatan relawan dalam menangani bencana.

Menurut LaNyalla, peran relawan tidaklah kecil. Mereka bahu membahu bersama pemerintah untuk menangani kebencanaan seperti wabah Covid-19, bencana erupsi, banjir, longsor, gempa dan bencana lainnya.

“Keterlibatan relawan terhadap penanganan bencana sangat luar biasa. Saya pribadi salut dan berikan apresiasi yang tinggi pada kepedulian mereka,” kata LaNyalla, Rabu (19/1/2022).

Ditambahkannya, fakta di lapangan menegaskan bahwa dalam peristiwa bencana antusiasme komunitas atau kelompok- kelompok dalam masyarakat terbilang tinggi. Terkadang mereka
mengeluarkan biaya sendiri untuk bisa sampai ke lokasi bencana.

“Bahkan ada yang meninggalkan aktivitas yang menjadi penopang kehidupannya demi menyelamatkan para korban ketika bencana terjadi. Mereka juga meninggalkan keluarganya hingga berhari-hari bahkan berminggu-minggu,” tegasnya.

Oleh karena itu, kata Senator asal Jawa Timur tersebut, sudah selayaknya mereka mendapatkan penghargaan. Paling tidak penghargaan itu bisa mengganti waktu, keringat dan materi yang telah mereka keluarkan.

“Saya rasa para relawan tidak berpikir akan mendapatkan imbal balik karena mereka tulus ikhlas membantu korban bencana. Namun pemerintah perlu memberi perhatian. Paling tidak bisa meringankan kebutuhan pokok mereka. Bisa juga sebagai tanda terima kasih,” ujar LaNyalla lagi.

LaNyalla menyebut Pemerintah daerah bisa mencontoh langkah Pemerintah Kota Batu, melalui Dinas Sosial. Mereka memberikan program bantuan sembako bagi relawan penggali kubur, yang sudah menjadi pahlawan selama pandemi dua tahun terakhir.

“Besar kecilnya bantuan jangan jadi ukuran. Namun lihatlah hal itu sebagai sebuah perhatian,” ucapnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker