Sehari Setelah Banjir, Wabup dan Anggota DPRD Solok Langsung ke Lokasi Luapan Aliran Sungai Batang Hari 

Abadikini.com, SOLOK – Wakil Bupati Solok, Jon Firman Pandu, SH  bersama Anggota DPRD Kabupaten Solok dari Fraksi Gerindra, Hafni Hafiz, A.Md mengunjungi kawasan Aia Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok, Minggu (9/1/2022).

Mereka datang kesana untuk meninjau langsung tempat terjadinya luapan air sungai Batang Hari yang merendam pemukiman warga setempat. Banjir terjadi kemarin, Sabtu 8 Januari 2022 setelah hujan deras mengguyur kawasan itu.

Menurut Wabup, akibat banjir karena luapan air sungai itu, banyak areal pertanian warga yang terendam air. Pemukiman ikut terendam, meskipun tidak ada korban jiwa, tapi kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

“Kemarin, saat mendengar terjadi banjir di Aia Dingin, saya trenyuh. Sedih dan prihatin, hari ini saya langsung kesini (Nagari Aia Dingin,-red) untuk meninjau langsung lokasi bencana. Saya harapkan semua pihak bisa mengatasi kesulitan penduduk disini, sebab, selain musibah banjir yang dialami warga, Covid 19 juga belum usai. Harus hati-hati dengan bencana susulan,”ungkap Jon F. Pandu pada abadikini.com, Minggu (9/1/2022) sore.

Dikatakan Wabup, Pemkab Solok bersama dengan DPRD dan OPD terkait akan berusaha maksimal dalam menanggulangi bencana alam yang datang tanpa dapat diperkirakan. Namun demikian, guna menghindari kerugian lebih besar, Wabup berharap masyarakat yang berada di kawasan aliran sungai dan lereng bukit tetap waspada. Karena, kata dia, bukan tidak mungkin akan terjadi longsor dan mengancam keselamatan warga yang berada disekitar bukit.

“Kita tentu sama-sama berharap bencana alam ini lekas berlalu. Kasihan, warga dan dunsanak kita yang jadi korban keganasan alam ini. Ditengah situasi serba sulit, bencana tiba. Ini tugas kita semua, bersama-sama mencegah bencana dan melakukan antisipasi. Pemkab Solok akan berusaha optimal untuk memberikan pelayanan terhadap korban banjir,’ pungkas politisi Partai Gerindra itu.

Ia belum memberi komentar apapun mengenai upaya yang akan dilakukan oleh pemerintah kabupaten Solok. Menurut Wabup, ia akan berkoordinasi dengan semua pihak, khususnya Bupati Solok, usai mengunjungi lokasi bencana.

“Usai dari lokasi bencana saya akan bicarakan dengan Pak Bupati, semoga dengan demikian, ada langkah lanjutan untuk korban bencana alam ini. Insha Allah,” cetus Wabup lagi.

Sementara itu, Hafni Hafiz, anggota DPRD Kabupaten Solok yang juga hadir dalam kegiatan itu berharap kepada Pemkab Solok untuk segera melakukan upaya pemulihan pasca bencana. Ia berharap, dalam beberapa hari kedepan, penduduk yang terdampak sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker