Bawa 49 Satelit, SpaceX Berhasil Luncurkan Roket Falcon 9 ke Orbit

Abadikini.com, JAKARTA – Pesawat Luar angkasa SpaceX milik Elon Musk, akhirnya berhasil meluncurkan roket Falcon 9 ke orbit. Peluncuran ini pun menjadi peluncuran perdana di tahun ini.

Roket Falcon 9 meluncur pada pukul 16:49. EST (2149 GMT) dari Space Launch Complex 40 di Cape Canaveral Space Force Station di Florida.

Roket tersebut mengirimkan 49 satelit Starlink baru ke orbit dari Florida, Amerika Serikat. Kira-kira sembilan menit setelah lepas landas, tahap pertama roket kembali ke Bumi dan mendarat di dek kapal drone terbaru SpaceX, “A Shortfall of Gravitas,”.

“Falcon 9 telah berhasil lepas landas dari Launch Complex 39 di Kennedy Space Center, membawa tumpukan 49 satelit Starlink kami ke orbit rendah Bumi,” kata insinyur SpaceX Jessie Anderson selama siaran peluncuran, dikutip dari laman Space, Sabtu (8/1/2022).

SpaceX mengkonfirmasi keberhasilan penyebaran 49 satelit Starlink melalui Twitter sekitar 1 jam, 20 menit setelah lepas landas.

Peluncuran yang berlangsung Kamis 6 Desember waktu setempat itu memulai tahun penuh aksi lainnya untuk perusahaan kedirgantaraan yang berbasis di California.

Pada tahun 2021, SpaceX membuat rekor baru untuk peluncuran terbanyak dalam satu tahun. Perusahaan juga meluncurkan total 12 astronot pada tiga misi Crew Dragon, termasuk empat warga negara yang terbang sebagai bagian dari misi Inspiration4.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker