Nasihat Kiyai Masrur ke para Artis Pengadopsi Spirit Doll: Mau Adopsi, Ya Manusia Dong, Jangan Boneka

Abadikini.com, JAKARTA – Belakangan ini viral boneka arwah atau Spirit Doll tengah menjadi perhatian banyak warganet setelah sejumlah artis ternama mengadopsi dan membagikan momen saat ‘mengasuh’ spirit doll melalui media sosial mereka.

Katua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) Kiyai Masrur Anhar angkat bicara terkait hal itu, menurut kiyai Masrur apa yang dilakukan para artis merupakan sandiwara belaka.

Jika memang memiliki boneka seperti boneka Spirit Doll sedang menjadi tren, Masrur Anhar mengatakan untuk tidak mengikuti tren yang semacam itu karena hal itu bukan menjadi budaya Islam dan cenderung pada perbuatan syirik.

”Menurut saya Spirit Doll atau bayi boneka yang punya arwah itu adalah hanya sandiwara, hal itu bahaya kalau dibiarkan. Sebab, kegiatan itu sudah mengarah ke syirik, maka perlu diantisipasi jangan sampai berkembang terus,” kata Kiyai Masrur dalam keterangan dikutip, Selasa (4/1/2022).

Masrur Anhar menilai jika boneka itu diperlakukan seperti benda maka itu wajar, tapi jika sudah diperlakukan layaknya seperti boneka yang punya arwah itu sangat kurang wajar.

Dia menambahkan, dalam keyakinan agama Islam, yang masuk ke dalam boneka itu adalah jin-jin jahat juga setan-setan yang terkutuk dan bukanlah ruh anak kecil yang sudah meninggal.

Sebab, dia menegaslan, bayi-bayi yang meninggal sebelum aqil baligh akan dimuliakan sekalipun dia anaknya orang tidak beriman.

”Dari segi keimanan, kita tidak boleh meyakini bahwa boneka punya ruh. Sedang ruh anak kecil, akan diberikan kenikmatan di alam barzakh dan tidak mendapatkan siksaan dan ruhnya tidak akan masuk ke dalam boneka,” jelasnya.

Untuk itu, Kiyai Masrur menasihati kepada para artis agar lebih baik mengadopsi anak yatim jauh lebih manfaat dan pasti mendapatkan pahala dari Allah SWT.

”Lebih baik mengadopsi anak-anak yatim yang hidupnya kurang beruntung, mereka akan memberikan manfaat kepada yang mengadopsi. Sekali lagi jauhi itu, kalau mau adopsi, ya manusia dong, jangan boneka yang diklaim punya arwah anak kecil,” tegasnya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Dakwah, Cholil Nafis meminta agar Umat Islam tak menyembah boneka arwah atau Spirit Solls karena dapat terjebak pada kemusyrikan.

Pernyataan itu ia sampaikan merespons perilaku sejumlah publik figur yang mengadopsi boneka arwah atau Spirit Dolls seperti memperlakukan boneka tersebut layaknya bayi sungguhan.

“Kalau itu diisi atau dipersepsikan tempat arwah, hukumnya tidak boleh memelihara makhluk halus. Kalau disembah musyrik, tapi kalau berteman saja berarti berteman dengan jin,” kata Cholil dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/1).

Cholil lantas mengimbau kepada umat Islam untuk tak memperlakukan sebuah boneka seperti anak. Pasalnya, boneka tergolong benda mati.

Ia lantas menyarankan agar umat Islam tidak terjebak pada aspek berbau mistis dan berpaling dari selain Allah SWT.

Ia mengimbau uang yang dimiliki sebaiknya disumbangkan kepada anak yatim dan yang membutuhkan.

“Itu lebih baik dari pada memelihara boneka yang mistis itu,” kata Cholil.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker