Trending Topik

China, Prancis, Rusia, Inggris dan Amerika Serikat Kompak Cegah Perang Nuklir

Abadikini.com, JAKARTA – Kelima negara maju seperti China, Prancis, Rusia, Inggris dan Amerika Serikat (AS) bersepakat untuk pertama kalinya mengeluarkan pernyataan bersama tentang pencegahan perang nuklir dan menghindari perlombaan senjata.

Kantor Berita Xinhua melaporkan pada Senin (3/1), dalam pernyataan bersamanya, kelima negara tersebut menganggap penghindaran perang antara Negara-Negara Bersenjata Nuklir dan pengurangan risiko strategis telah menjadi tanggung jawab utama mereka.

“Para pemimpin lima negara menegaskan bahwa senjata nuklir – selama mereka terus ada – harus melayani tujuan defensif, mencegah agresi dan mencegah perang,” kata pernyataan bersama tersebut.

Mereka juga sangat yakin bahwa penyebaran lebih lanjut dari senjata nuklir harus dihentikan dan dicegah.

Kelima negara juga berkomitmen pada kewajiban Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir, termasuk melakukan negosiasi tentang langkah-langkah yang berkaitan dengan penghentian perlombaan senjata nuklir pada tanggal awal dan perlucutan senjata nuklir.

“Kami mengulangi validitas pernyataan kami sebelumnya tentang de-targeting, menegaskan kembali bahwa tidak ada senjata nuklir kami yang ditargetkan satu sama lain atau ke negara lain mana pun,” bunyi pernyataan bersama itu.

Memperkenalkan pentingnya pernyataan bersama, Wakil Menteri Luar Negeri China, Ma Zhaoxu mengatakan kepada media pada hari Senin bahwa ini adalah pertama kalinya para pemimpin dari lima negara mengeluarkan pernyataan mengenai masalah senjata nuklir.

“Hal ini mencerminkan kemauan politik lima negara untuk mencegah perang nuklir dan suara bersama mereka dalam menjaga stabilitas strategis global dan mengurangi risiko konflik nuklir, pada saat keamanan strategis internasional menghadapi banyak tantangan besar di tengah perubahan besar yang tidak terlihat dalam satu abad sebagai serta pandemi,” kata Ma.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker