Syech Fadhil Sebut Dayah Memiliki Tanggungjawab Besar dalam Memperbaiki Politik Aceh

Abadikini.com, JAKARTA – Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, meminta santri dan para pimpinan dayah di Aceh untuk tak alergi dengan politik di Aceh. Pasalnya, dayah dinilai memiliki tanggungjawab yang besar dalam memperbaiki situasi politik yang sedang berkembang di Aceh saat ini.

Hal ini disampaikan Syech Fadhil di sela-sela menghadiri pelantikan HUDA dan Rabithat Taliban Aceh (RTA) Nagan Raya, di Desa Ujung Patihah, Kecamatan Kuala, Kamis malam 30 Desember 2021.

Kegiatan ini turut dihadiri sejumlah ulama dari pesisir barat selatan Aceh serta ulama kharismatik Aceh Teungku Muhammad Yusuf A Wahab atau Ayah Sop selaku ketua HUDA Aceh.

“Santri dan teungku dayah memiliki kesempatan yang sama dalam politik Aceh,” kata Syech Fadhil dikutip, Sabtu (1/1/2022).

“Semua keputusan yang menyangkut kehidupan masyarakat banyak di Aceh saat ini diputuskan secara politik. Jika orang baik-baik meninggallkan politik, maka politik itu justru tambah kotor.”

“Dayah memiliki tanggungjawab besar dalam memperbaiki politik Aceh,” katanya lagi.

Sementara itu, Ketua HUDA Aceh, Teungku Muhammad Yusuf A Wahab atau akrab dipanggil Ayah Sop, dalam tausiahnya, berharap semua ulama dayah di Aceh, belajar fiqih siasah. Para teungku juga diminta mengajarkan santri tentang fiqih siasah.

“Tujuannya untuk mengubah paradigma politik di Aceh. Agar politik berjalan sesuai dengan tuntunan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw,” kata Tusop.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker