Yahya Cholil Staquf Terpilih jadi Ketum PBNU Periode 2021-2026, Ini Profilnya

Abadikini.com, LAMPUNG – KH Yahya Cholil Staquf terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2021-2026 di Muktamar ke-34 NU di Lampung, Jumat (24/12/2021).

Terpilihnya Yahya Cholil Staquf dengan meraih 337 suara muktamirin sekaligus meninggalkan jauh lawanya Said Aqil Siradj yang hanya meraih suara 210 suara.

Profil Gus Yahya

KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya, pria kelahiran 16 Februari 1966 ini merupakan saudara dari Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Gus Yahya juga merupakan putra dari salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), KH Muhammad Cholil Bisri. Dirinya merupakan seorang kiai, ulama, dan tokoh NU yang saat ini menjabat sebagai Katib Aam PBNU.

Said Aqil Siroj dan Yahya Cholil Staquf. Foto: Ilustrasi Abadikini

Gus Yahya juga merupakan pengasuh pondok pesantren Roudlotut Tholibien, Leteh, Rembang, Jawa Tengah.

Menurut Wikipedia, Gus Yahya pernah menjadi juru bicara Presiden RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Pada 31 Mei 2018, Gus Yahya dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di Istana Negara, Jakarta.

Melansir Kompas TV, Gus Yahya pernah menempuh pendidikan di Pesantren Raudlatut Tholibin Rembang, Jawa Tengah, berlanjut ke Pondok Pesantren KH Ali Maksum di Krapyak, Yogyakarta.

Dirinya juga pernah berkuliah di Fisipol Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Gus Yahya pun di publik internasional terkenal sebagai representasi Islam yang moderat.

Kegemarannya itu pula yang membuatnya menuai kontroversi karena memenuhi undangan untuk pergi ke Israel, yang dilayangkan American Jewish Committee (AJC) Global Forum pada 2018 lalu.

Bagi sebagian kalangan, langkah itu dianggap tidak selaras dengan komitmen terhadap kemerdekaan Palestina. Meski demikian, Sekretaris Jenderal PBNU, Helmy Faishal Zaini beranggapan bahwa langkah itu selaras dengan yang pernah dilakukan Gus Dur, untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina lewat diplomasi segala cara.

Kekagumannya kepada Gus Dur pun menjadi jargonnya maju sebagai calon Ketua Umum PBNU, yakni Menghidupkan Gus Dur.

Jargon tersebut kemudian dibukukan, Menghidupkan Gus Dur: Catatan Gus Yahya Kenangan Yahya Staquf oleh penulis kenamaan, AS Laksana.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker