Indonesia Peringkat Delapan Klasemen Akhir Kejuaraan Karate Asia 2021

Abadikini.com, JAKARTA – Kontingen Indonesia menempati posisi delapan dalam klasemen akhir Kejuaraan Karate Asia 2021 dengan membawa pulang dua emas, lima perak, dan empat perunggu selama bersaing di Almaty, Kazakhstan, 18-22 Desember.

Raihan medali tersebut merupakan total dari level senior, junior, dan U-21. Federasi Karate-Do Asia (AKF) menyelenggarakan dua event secara bersamaan yakni Asian Cadet, Junior & U21 Karate Championship 2021 edisi ke-19 dan Senior Asian Karate Championship edisi ke-17.

Indonesia meraih dua emas dari masing-masing karateka junior yakni Muhammad Akio Zaiko dan Hazel Ramadhan yang tampil mengesankan pada hari pertama, Sabtu (18/12).

Akio Zaiko menyumbang emas untuk Merah Putih setelah menjadi yang terbaik pada nomor Cadet Kata Putra. Dia mengalahkan Omar Saleh (Kwait) yang pulang dengan perak dan Ali Hajizadeh (Irak) dan Tsang Pak Yin (Hong Kong) yang meraih perunggu bersama.

Sementara Hazel Ramadhan menjuarai kategori Junior Kata Putra dengan mengalahkan Amir Hassan Moenaddini (Irak) di posisi kedua dan Ho Him Kwok (Hong Kong) dan Hasan Kamal (Kwait) yang sama-sama pulang dengan perunggu.

Selain itu pada Asian Cadet, Junior & U21 Karate Championship 2021, Indonesia juga membawa pulang dua perak dan satu perunggu.

Perak masing-masing diraih Almahyra Tiara Sandi (Kadet Kumete Putri +54kg) dan Andhika Holio Pratama Beckham (Junior Kumite Putra -68kg). Sementara Nadlima Layla menyumbang perunggu pada nomor Kadet Kata Putri.

Harmen Saputra selaku manajer tim Asian Cadet, Junior & U21 Karate Championship 2021 mengatakan hasil ini sudah melebihi target yang dicanangkan yakni satu emas.

“Target untuk junior sudah terlampaui. Hasil ini tak lepas dari kerja keras semuanya. Tujuan dari ikut serta ini adalah untuk kaderisasi calon pengganti dari senior. Hasil ini tak lepas dari dukungan semuanya,” ujar Harmen kepada ANTARA, saat karateka junior Indonesia sukses meraih dua medali emas pada hari pertama.

Sementara tiga perak dan tiga perunggu diraih atlet senior Merah Putih. Untuk perak, dua di antaranya diraih melalui Krista Putri Aprilia yang turun pada Senior Kata Putri dan Ahmad Zigi Zaresta Yuda pada Senior Kata Putra. Sisanya diraih tim beregu kata putri yang diisi Emilia Sri Hanandyta, Anugerah Nurul Lucky, dan Dian Monika Nababan.

Adapun tiga perunggu masing-masing melalui Cok Istri Agung Sanistyarani (Senior Kumite Putri -55kg), Ari Saputra (Senior Kumite Male -55kg) dan tim senior kata putra yakni Albiadi, Andi Dharmawan, Andi Mardana.

Khusus dalam kejuaraan level senior, Indonesia menempati urutan ke delapan. Hasil ini sejatinya tidak lebih baik dari edisi sebelumnya pada 2019 di Tashkent, Uzbekistan. Ketika itu, Indonesia meraih satu emas melalui Ceyco Georgia Zefanya (Kumite -68kg Putri), perak melalui Ahmad Zigi Zaresta Yuda (Senior Kata Putra), dan satu perunggu melalui Cok Istri Agung Sanistyarani (Kumite -55kg Putri).

Head Of Delegation PB Forki untuk Kejuaraan AKF Cadet, Junior, U21 dan Senior Kazakhstan 2021 Darly Siregar mengatakan ajang ini sekaligus merupakan uji coba dalam konteks pemantauan atlet untuk SEA Games Hanoi, Vietnam pada 2022.

“Secara keseluruhan kontingen Indonesia di Kazakhstan ini berisikan 49 orang dan 38 di antaranya adalah atlet yang terdiri dari 28 untuk senior dan 10 karateka junior,” kata Darly Siregar.

Berikut karateka Indonesia yang meraih medali dalam Kejuaraan Karate Asia 2021:

Emas
1. Muhammad Akio Zaiko – Kadet Kata Putra
2. Hazel Ramadhan – Junior Kata Putra

Perak
1. Almahyra Tiara Sandi – Kadet Kumete Putri +54kg
2. Andhika Holio Pratama Beckham – Junior Kumite Putra -68kg
3. Krista Putri Aprilia – Senior Kata Putri
4. Ahmad Zigi Zaresta Yuda – Senior Kata Putra
5. Beregu Senior Kata Putri

Perunggu
1. Nadlima Layla – Kadet Kata Putri
2. Cok Istri Agung Sanistyarani – Senior Kumite Putri -55kg
3. Ari Saputra – Senior Kumite Male -55kg
4. Beregu Senior Kata Putra

Sumber Berita
Antara

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker