Gubernur DKI Ajak Jakmania Kampanyekan Naik Transportasi Umum ke JIS

Abadikini.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak suporter klub sepak bola Persija, Jakmania, untuk turut mengkampanyekan penggunaan transportasi umum menuju Jakarta International Stadium (JIS).

Dalam tasyakuran atau peringatan HUT ke-24 Jakmania, Anies Baswedan menyampaikan, stadion bertaraf internasional itu tidak dirancang untuk menyediakan lapangan parkir guna mendorong masyarakat menggunakan kendaraan umum.

“Saya ajak The Jak untuk sama-sama mengkampanyekan penggunaan kendaraan umum, mulai ke stadion menggunakan kendaraan umum. Itu yang terjadi di kota besar dan maju di dunia. Nonton sepak bola menggunakan kendaraan umum, jadi tidak ada macet,” kata Anies di Masjid Sunda Kelapa Jakarta Pusat, dikutip dari Antara, Minggu (19/12/2021).

Anies menjelaskan, BUMD DKI sektor transportasi, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) telah membuka rute baru dari halte Harmoni menuju JIS. Pemprov DKI Jakarta juga akan membangun stasiun KRL dekat JIS.

Dalam kesempatan sebelumnya, Anies menyebutkan, kapasitas penonton di JIS mencapai 82.000 orang, tapi lahan parkir kendaraan yang disediakan hanya sedikit. Hal ini agar pentonton pertandingan sepak bola menggunakan kendaraan umum dan meminimalisasi kendaraan pribadi.

“Stadion ini kapasitasnya 82.000, tapi tempat parkirnya sedikit sekali. Penonton yang datang ke sana harus naik kendaraan umum,” kata Anies dalam diskusi virtual di media sosial @jcccommunity, Minggu (12/12/2021).

Saat ini, TransJakarta sudah membuka rute baru Harmoni-JIS.

Rute baru ini menyediakan dua armada medium yang melayani pelanggan dan beroperasi pada Senin sampai Jumat, pukul 06.00-10.00 WIB dan sore pukul 15.00-21.00 WIB dengan tarif Rp3.500 sekali jalan dan waktu perjalanan 20 menit.

Lintasan rute TransJakarta JIS-Harmoni meliputi: Halte Harmoni – Jalan Juanda – Jalan POS – Jalan Dr. Sutomo – Jalan Gunung Sahari – Jalan Underpass Angkasa – Jalan HBR Motik – Jalan Danau Sunter Barat – JIS.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker