Miras Oplosan Tewaskan 22 Orang di Istanbul

Abadikini.com, ISTANBUL – Sedikitnya 22 orang tewas dan 16 orang lainnya dalam kondisi kritis di rumah sakit setelah mengonsumsi minuman keras (miras) oplosan alkohol di Istanbul, Turki. Seperti dilaporkan Reuters, Sabtu (18/12/2021), kantor gubernur setempat juga menambahkan bahwa empat orang telah ditangkap terkait kasus tersebut.

Baru-baru ini, pihak berwenang Turki mengintensifkan tindakan keras terhadap miras oplosan menjelang perayaan Tahun Baru, melakukan banyak operasi secara nasional yang menargetkan penjual dan distributor.

Dalam satu pernyataan, kantor gubernur Istanbul mengatakan 11 dari korban yang meninggal adalah warga negara asing serta lima dari pasien yang dirawat di rumah sakit. Dikatakan, total 46 orang telah dirawat di rumah sakit karena keracunan alkohol.

Partai AK yang dipimpin oleh Presiden Turki Tayyip Erdogan telah mengenakan pajak yang tinggi untuk alkohol. Pajak atas raki favorit nasional, minuman rasa adas manis, telah meroket dalam dekade terakhir.

Harga minuman beralkohol di pasar, restoran, dan bar telah melonjak dalam beberapa bulan terakhir karena pajak yang tinggi dan lonjakan inflasi.

Para ekonom mengatakan pajak alkohol yang berlebihan akan mendorong orang untuk mengonsumsi produk palsu atau menyeduh minuman oplosan sendiri di rumah. Miras oplosan menyebabkan peningkatan biaya kesehatan negara bagian dan menyebabkan banyak kematian yang sebenarnya dapat dicegah.

Sumber: Reuters

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker