KBRI Panama City Jalin Kerja Sama Sister City dengan Kota Chitre

Abadikini.com, PANAMA CITY – Sebagai bagian dari upaya program pro-aktif meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Panama, KBRI Panama City melakukan blusukan guna melakukan penjajakan kota kembar (sister city) dengan pihak-pihak terkait di Panama.

Mewakili Duta Besar RI, Counsellor Protokol dan Konsuler, Rheinhard Sinaga, yang didampingi oleh Dr. Ronel Solis, Dekan Fakultas Hukum Universidad de Panama di Chitré, telah bertemu dengan Wali Kota Chitré Juan Carlos Huerta Solis dan Wakil Wali Kota Chitré, Alba Yamisel Osorio Rodríguez, di Balai Kota Chitré.

Kota Chitré adalah ibu kota Provinsi Herrera yang berpenduduk 80 ribu orang dan dikenal sebagai kota pendidikan dan pariwisata.

Setidaknya, ada tiga univeritas terkenal di Panama yang memiliki kampus di Chitré, yakni Universidad de Panama (Universitas Panama), Universidad Latina de Panamá (Universitas Latin Panama), dan Columbus University (yang didirikan oleh Kementerian Pendidikan Panama).

Kota Chitré juga terkenal dengan karnaval (Carnaval de Chitré) budaya yang menjadi tujuan wisata turis mancanegara.

Rheinhard mengatakan, pertemuan ini dimaksudkan untuk segera merealisasikan gagasan kerja sama yang sudah pernah dijajaki sebelumnya di awal 2021 dengan Pemerintah Kota Chitré yang sangat potensial memiliki sister city dengan kota di Indonesia yang juga memiliki karakter yang sama.

“Pembicaraan kami lebih teknis untuk segera memulai proses kerja sama ini untuk meningkatkan potensi kerja sama ekonomi, sosial, dan budaya antar kota di Indonesia dan Panama”, jelas Rheinhard.

Dalam pertemuan dengan wali kota dan wakil wali kota Chitré, Counsellor KBRI Panama City juga membahas agenda kegiatan promosi yang rencananya akan dilakukan oleh Pemerintah Kota Chitré pada 2022 untuk dapat dikerjasamakan dengan KBRI Panama City.

“Saya mengapresiasi keseriusan pihak KBRI Panama City dan menyambut baik rencana kerja sama sister city ini dan kami akan segera menindaklanjuti rencana ini dengan lembaga-lembaga terkait di Chitré, antara lain, Biro Hukum Kota Chitré. Saya yakin kerja sama ini dapat dilakukan sesegera mungkin karena semua prosesnya dilakukan secara internal”, kata Wali Kota Chitré, Juan Carlos Huerta Solis.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker