Kominfo Perkuat Jaringan Internet Jelang Libur Nataru

Abadikini.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkomitmen menguatkan jaringan internet jelang masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Menurutnya hal Ini untuk memudahkan aktivitas digital masyarakat serta mengurangi mobilitas agar situasi pandemi Covid-19 tetap terkendali.

Selain menguatkan jaringan internet, Kementerian Kominfo juga tetap menggalakan literasi digital agar ruang-ruang digital dapat dimanfaatkan dengan optimal. “Sangat penting untuk kita tingkatkan karena ini dalam rangka membangun atau surviving terhadap kondisi, baik untuk ekonomi, kesehatan, pendidikan dan semua sektor yang kita pindahkan ke ruang digital,” ujar Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail.

Secara umum Kementerian Kominfo sebenarnya sudah menguatkan layanan jaringan seluler dengan beberapa langkah di antaranya pembangunan jaringan backbone dengan Palapa Ring, penyiapan satelit multifungsi, serta upaya menuntaskan desa-desa yang belum mendapatkan koneksi jaringan 4G. Ismail menegaskan infrastruktur telekomunikasi Indonesia sudah cukup kuat dan menjangkau seluruh tanah air termasuk di kawasan 3T yang diutamakan.

Khusus menyambut masa libur akhir tahun 2021 Kementerian Kominfo pun telah bekerja sama dengan penyedia telekomunikasi meningkatkan layanan di area residensial atau perumahan yang menjadi tempat berkumpul. “Pada Natal dan Tahun Baru memang perlu peningkatan kapasitas agar tidak terjadi layanan yang terputus, karena banyak orang melakukan akses pada saat bersamaan. Sehingga diantisipasi dengan koordinasi untuk penambahan kapasitas di area-area yang tinggi traffic-nya,” ungkap Ismail.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker