Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah Menjadi Juara Dunia

Abadikini.com, JAKARTA – Lagi-lagi bendera Indonesia tidak berkibar saat Lifter terbaik Indonesia Rahmat Erwin Abdullah menjadi juara dunia usai menyabet dua medali emas dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021 kelas 73kg putra yang berlangsung di Tashkent, Uzbekistan, Jumat (10/12) malam WIB.

Dalam perebutan medali angkatan clean and jerk, lifter 21 tahun itu menjadi yang terbaik setelah pada angkatan ketiga mengangkat beban 192kg. Rahmat Erwin membuka angkatan pertama dengan 180kg dan kedua dengan 186kg.

Rahmat Erwin mengalahkan lifter Albania Briken Calja yang membawa pulang perak setelah membukukan angkatan terbaik clean and jerk 186kg. Sementara perunggu diraih lifter Korea Selatan Hansol Jeong dengan angkatan terbaik 181kg.

Pelatih Kepala Pelatnas Angkat Besi, Dirja Wihardja mengatakan dua emas yang diraih Rahmat Erwin merupakan konsistensi prestasinya setelah Olimpiade Tokyo 2020.

“Total angkatan yang diraih Rahmat Erwin Abdullah mengalami peningkatan 1kg dari Olimpiade Tokyo 2022 lalu,” kata Dirja Wihardja dalam rilisnya, Sabtu (11/12) dini hari WIB.

“Dengan penerapan strategi yang mumpuni tim pelatih dan sang ayah Erwin Abdullah berhasil membawa anaknya menjadi juara dunia, sehingga tahun ini komplet Indonesia memiliki dua juara dunia di dua kategori yakni junior adalah Rizky Juniasyah dan pada senior Rahmat Erwin Abdullah,” kata Kabid Binpres PABSI, Hadi Wihardja.

Dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021, Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) mengirim 14 atlet ke Tashkent, Uzbekistan.

Atlet yang dikirim mayoritas adalah lifter muda. Dari kategori putri terdapat Juliana Klarisa (kelas 55kg), Sarah (59kg), Najla Khoirunnisa (45kg), Nelly (59kg), Siti Nafisatuh Hariroh (49kg), Tsabitha Alfiah Ramadani (64kg), Restu Anggi (64kg), dan Nurul Akmal (+87kg).

Sementara untuk putra selain Rahmat Erwin Abdullah, terdapat Muhammad Faathir (61kg), Mohammad Yasin (67kg), Triyatno (67kg), Muhammad Zul Ilmi (89kg), dan Satrio Adi Nugroho (55kg).

Sayang, keberhasilan Erwin naik podium tertinggi Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021 tak diiringi dengan kibaran bendera Merah-Putih karena Indonesia tengah mendapat sanksi WADA karena komitmen pengetesan doping.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker