Sering Kecelakaan, KNKT Bakal Umumkan Hasil Audit TransJakarta Dua Pekan Mendatang

Abadikini.com, JAKARTA – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyatakan audit terhadap kecelakaan berulang bus TransJakarta memakan waktu hingga 2 pekan lamanya. sejak dimulai Selasa, 7 Desember 2021, kemarin.

Menurutnya, setelah selesai pihaknya berjanji akan menyampaikan hasil auditnya ke publik.

“Kita starting pointnya mulai besok memperdalam, kita janji dalam 2 minggu kita akan sampaikan final reportnya,” tutur Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT Soerjanto Tjahjono di Balai Kota Jakarta, Rabu (8/12/2021).

Soerjanto menjelaskan pada tahap awal pihaknya bersama TransJakarta sepakat untuk memulai audit dari empat area. Pertama, terkait organisasi dan manajemen, kedua, persiapan awal, ketiga, soal kelayakan kendaraan, dan keempat, route hazard mapping.

Ia mencontohkan, misalnya pada manajemen atau organisasi dalam pengamatan awal bisa saja dilakukan penambahan unit khusus keselamatan independen yang langsung menerikan laporan ke Direktur Utama. Kemudian melakukan pemeriksaan terhadap armada-armada TransJakarta, mulai dari pembelian sampai ke tahap pra inspeksi.

Termasuk mereview rencana operasional yang dijalankan PT TransJakarta.

“Yang jelas ada area memastian kelayakan kendaraan. Pemastian kelaikan kendaraan dari mulai beli, sampai pra inspeksi. Mulai dari mekaniknya,” jelasnya.

Sebelumnya, PT Transjakarta melibatkan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan audit terhadap kecelakaan berulang yang belakangan terjadi pada armadanya.

Direktur Utama PT Transjakarta Mochammad Yana Aditya mengatakan proses audit akan dimulai pada Selasa 7 Desember 2021.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker