Trending Topik

Polisi Prancis Berhasil Bekuk Terduga Pelaku Pembunuh Jamal Khashoggi

Abadikini.com, PARIS – Polisi Prancis, pada Selasa (7/12/2021), di bandara utama Paris, menangkap seorang tersangka anggota tim yang diduga berperan membunuh jurnalis Saudi Jamal Khashoggi pada 2018 di konsulat kerajaan Saudi di Istanbul.

Khalid Alotaibi (33), ditahan polisi perbatasan berdasarkan surat perintah penangkapan yang dikeluarkan Turki sebelum terbang ke Riyadh dari bandara Charles de Gaulle, menurut sumber pengadilan dan bandara. Namanya muncul dalam penyelidikan Washington Post atas dugaan sebagai regu pembunuh, berdasarkan salinan paspor dan rincian perjalanan.

Dia akan muncul di hadapan jaksa pada hari Rabu (8/12/2021), seperti dikutip dari France 24.

Pengadilan Turki pada tahun 2020 mulai mengadili secara in absentia 20 tersangka atas pembunuhan Khashoggi, termasuk dua mantan pembantu Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Jaksa Turki kemudian mendakwa enam tersangka Saudi lagi atas pembunuhan itu akhir tahun itu, tetapi tidak ada pejabat Saudi yang pernah menghadiri keadilan secara langsung di Turki atas pembunuhan itu.

Pada September 2020, pengadilan Saudi membatalkan lima hukuman mati yang dikeluarkan setelah persidangan tertutup di Arab Saudi, menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara sebagai gantinya.

Khashoggi – seorang tokoh Saudi terkemuka yang tinggal di pengasingan di Amerika Serikat dan menulis untuk The Washington Post – memasuki konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018 untuk mengajukan dokumen untuk menikahi tunangannya dari Turki.

Menurut pejabat AS dan Turki, regu pembunuh Saudi menunggu dan mencekiknya serta memutilasi tubuhnya, yang tidak pernah ditemukan.

Pembunuhan mengerikan itu memicu kemarahan internasional yang terus bergema, dengan badan-badan intelijen Barat menuduh Pangeran Mohammed bin Salman mengizinkan pembunuhan itu.

Penangkapan Alotaibi pada hari Selasa terjadi hanya beberapa hari setelah Presiden Prancis Emmanuel Macron membela keputusannya untuk memasukkan Arab Saudi dalam tur ke negara-negara Teluk, dengan mengatakan kunjungan itu tidak berarti bahwa dia telah “lupa” tentang kasus Khashoggi.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker