Trending Topik

Ini Alasan Arab Saudi Tolak Tayangkan Film West Side Story

Abadikini.com, JAKARTA – Penayangan film bergenre action West Side Story jadi sorotan belakangan ini lantaran dipicu adanya karakter Anybody di film itu digambarkan sebagai transgender dan diperankan oleh aktor Iris Menas yang mengakui dirinya sebagai nonbinary.

Arab Saudi dan Kuwait menyatakan menolak untuk menayangkan  West Side Story dikarenakan karakter di film menonjolkan sosok transgender didalamnya.

Diketahui, nonbinary adalah spektrum identitas gender yang tak secara eksklusif menyatakan diri sebagai maskulin atau feminin. Sesuai jadwal semula, West Side Story seharusnya tayang di bioskop Arab Saudi, pada 9 Desember 2021.  Di lain pihak, negara Timur Tengah lainnya, seperti Bahrain, Oman, Qatar, dan Uni Emirat Arab, meminta beberapa adegan dari film tersebut untuk dibuang.

Namun, Walt Disney dan 20th Century Studios dikabarkan menolak permintaan tersebut.  Ini bukan pertama kali bagi Arab Saudi melarang penayangan film berbau LGBTQ yang memang diharamkan di negara tersebut. Sebelumnya, film Eternals juga batal tayang karena menampilkan superhero homoseksual.

Film West Side Story memulai premier dunia di New York, Amerika Serikat, pada 29 November 2021. Film musikal romantis ini digarap oleh sutradara Steven Spielberg dan Tony Kushner selaku penulis skenario.

Kisahnya bersetting era ‘50-an di New York, Amerika Serikat dan bercerita tentang dua remaja bernama Tony dan Maria yang jatuh cinta di tengah perseteruan antargeng jalanan. (*)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker