Buka Amanah Besar Cup 2021, Bupati Tolitoli Berharap Muncul Atlet Sepak Bola Berbakat

Abadikini.com, TOLITOLI – Bupati Tolitoli Amran h Yahya membuka secara resmi Turnamen sepak bola Amanah Besar Cup 2021 pada Selasa 7 Desember 2021 di Stadion Olahraga Dinopi Kelurahan Nalu Tolitoli.

Turnamen yang diikuti oleh kesebelasan dari seluruh Kecamatan se Kabupaten Tolitoli itu, dilaksanakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Daerah Kabupaten Tolitoli ke 61.

Dalam sambutannya, Bupati Amran yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PBB Tolitoli itu menyampaikan bakat dan minat generasi muda terhadap olahraga harus didorong, terutama minat terhadap sepakbola.

“Guna mendorong bakat dan minat generasi muda terhadap olahraga utamanya sepak bola, perlu adanya kegiatan turnamen sepak bola, sehingga Tolitoli kembali mendapatkan namanya di dunia olaharaga,’ ujar Amran H Yahya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tolitoli juga mengatakan generasi muda atau yang dikenal dengan generasi milennial saat in sangat identik dengan teknologi. Kemudahan mengakses beragam informasi juga telah mempengaruhi pola hidup generasi muda saat ini hingga memunculkan berbagai gangguan kesehatan, baik fisik, maupun mental.

“Melihat berbagai kebiasaan generasi muda, sudah seharusnya diimbangi dengan gaya hidup sehat pula salah satunya dengan olah raga sepak bola,” ujarnya.

Lebih jauh Bupati Amran Hi Yahya mengatakan, permainan sepak bola juga melatih kerjasama sesama tim bagaimana mengatur taktik dan strategi, agar dapat memenangkan pertandingan serta membangun sifat sportifitas antar pemain dan jiwa ksatria terhadap kepatuhan pada peraturan permainan. Tentu hal ini menjadi menarik manakala permainan yang disuguhkan jauh dari kesan kekerasan dan para wasit harus tampil menjadi pengadil di lapangan yang sportif dan tidak memihak sehingga mencegah timbulnya hal-hal yang tidak kita inginkan.

Kalah dan menang dalam pertandingan ini, lanjut bupati Amran merupakan hal yang lumrah agar tidak surut ke belakang sebab kalian tidak akan tahu rasanya menang sebelum tahu rasanya kalah. Bupati Tolitoli berharap kiranya turnamen yang digelar ini tidak hanya ajang untuk mencari pemenang akan tetapi juga menghasilkan talenta atau atlit-atlit muda berbakat yang nantinya akan dibentuk menjadi tim sehingga dapat mengharumkan nama Kabupaten Tolitoli pada iven-iven tingkat Provinsi maupun Nasional.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Kabupaten Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Askab-PSSI) Tolitoli Mansyur Pondang mengatakan bahwa turnamen Amanah Besar Cup ini merupakan awal kebangkitan persepakbolaan di Kabupaten Tolitoli dan turnamen ini menjadi agenda rutin Askab PSSI Tolitoli sebagai ajang untuk mencari pemain-pemain handal yang akan memperkuat tim sepak bola Kabupaten Tolitoli.

Turut hadir dalam acara pembukaan, Komandan Kodi. 1305 Buol Tolitoli Letkol (Inf) Farid Yudis Purwanto, Pasiminlog Lanal Tolitoli Lettu Laut(S) Ismail Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Ir. Hardiyan, MM sejumlah Pejabat Pemda Kabupaten Tolitoli serta Pimpinan BUMN dan BUMD Kabupaten Tolitoli.

Acara pembukaan ditandai dengan tendangan bola perdana oleh bupati Amran H Yahya sebagai tanda dibukanya Turnamen sepak Bola Amanah Besar Cup pertama dan menandai dimulainya pertandingan Kesebelasan Kecamatan Ogodeide berhadapan dengan Kesebelasan Kecamatan Dampal Selatan.

Menurut Ketua Panitia Rahmat T. Radjia, turnamen Sepak Bola Amanah Besar Cup ini diikuti 10 Kecamatan dan pertandingan akan dilaksanakan dari tanggal 7 sampai 17 Desember 2021 yang memperebutkan Amanah Besar Cup, trophy, medali dan juga bonus sebesar 20 juta Rupiah. Untuk bonus, Bupati menambahkan bonus sebesar 10 Juta Rupiah.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker