Trending Topik

Belum Ada Kabar dari Istana, Reshuffle Bakal Dilakukan dengan Cara Kejutan

Abadikini.com, JAKARTA – Reshuffle Kabinet yang bakal dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepertinya bakal menjadi sebuah kejutan. Hal tersebut dikatakan oleh politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid.

Diketahui hingga saat ini belum ada kabar pasti terkait reshuffle Kabinet namun hal tersebut sejatinya adalah hak prerogatif Presiden sepenuhnya.

“Jadi ini sampai hari ini tertutup ya. Belum ada bisik-bisik dari Istana. Tapi saya melihatnya kalau begini biasanya ada kejutan, tunggu saja kejutannya,” kata Jazilul, Rabu (8/12/2021).

“Karena belum ada nih, belum ada. Tapi tanda-tandanya karena masyarakat juga menunggu ingin melihat formasi yang baru ya. Berarti tahun baru depan udah baru ya kan,” tambahnya.

Ketika ditanya bagaimana dengan kabar reshuffle yang akan dilakukan 22 Desember yang juga Rabu (8/12/2021), ia menjawab,

“Yang jelas tanggal 22 Desember itu hari Rabu Pahing bertepatan dengan Hari Ibu, itu saja,” jawab Jazilul.

“Kalau terjadi hari itu ya berarti tebakan teman-teman benar,” kata dia.

Hanya saja dia menekankan bahwa setiap reshuffle pasti memiliki alasan.

Pertama, alasan rasional seperti kinerja dan perlu pembaruan. Kedua, perkembangan objektif di dalam koalisi pendukung pemerintahan.

“Pertimbangan politik itu sudah ada. Karena ada satu partai yang bergabung artinya ada yang perubahan di situ, sebagai syarat reshuffle itu ada,” imbuhnya.

Ketiga, presiden boleh menggunakan haknya menanggapi perkembangan serta dinamika.

Ketika ditanya bagaimana komunikasi Jokowi dengan pimpinan parpol, Jazilul mengakui bahwa dari pengalaman ketua umum partainya Muhaimin Iskandar, komunikasi menyangkut reshuffle biasa dilakukan mepet dekat ke hari pengumuman.

“Kalau sekarang akan lebih banyak kejutan. Kalau terjadinya di akhir tahun. Kan pasti dugaan saya di akhir tahun atau di awal tahun. Sama-sama mengejutkan nantinya,” tandasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker