Perbedaan TOEFL dan TOEIC

Abadikini.com – TOEFL dan TOEIC adalah dua jenis tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris. Kedua tes ini biasanya menjadi prasyarat untuk mendaftar studi di luar negeri atau bekerja di luar negeri.

Bahkan, kini sering menjadi kebutuhan di dalam negeri juga. Namun, masih banyak orang yang belum memahami perbedaan antara TOEFL dan TOEIC. Sepintas, kedua tes ini sama, tetapi kenyataannya berbeda. Mari kita lihat perbedaan antara TOEFL dan TOEIC!

Apa Perbedaan TOEFL dan TOEIC?

TOEFL

Tes Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (TOEFL) adalah tes yang dirancang untuk mengukur tingkat bahasa Inggris Anda. Jika Anda ingin melanjutkan studi ke luar negeri, biasanya Anda harus melampirkan sertifikat TOEFL. Tes ini berisi soal-soal tentang sains, sejarah, ekonomi, dan kehidupan sehari-hari sebagai mahasiswa. Kosakata yang Anda cari juga berlaku untuk para sarjana.

TOEFL terdiri dari empat bagian tes: pemahaman mendengarkan, struktur, ekspresi tertulis, pemahaman membaca, dan tes bahasa Inggris tertulis. TOEFL menawarkan tiga jenis tes: TOEFL PBT, TOEFL CBT, dan TOEFL iBT. Sistem penilaian tergantung pada TOEFL yang Anda ambil. Skor TOEFL PBT berkisar antara 217 hingga 677. Setelah itu, skor TOEFL CBT dimulai pada 0300.

Di sisi lain, TOEFL IBT dimulai pada 0120. Perannya merupakan syarat untuk penelitian yang sedang berlangsung, namun ada beberapa perusahaan di Indonesia yang menggunakan TOEFL sebagai syarat pendaftaran. Nilai tes TOEFL yang merupakan standar minimal untuk universitas dan perusahaan adalah 500.

TOEIC

TOEIC atau Tes Bahasa Inggris Komunikasi Internasional adalah tes yang dirancang khusus untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris Anda di lingkungan kerja. Oleh karena itu, tes ini diperuntukan bagi orang-orang yang ingin bekerja di perusahaan asing.

Jika soal TOEFL tentang seorang sarjana, maka soal TOEIC hanya akan mencakup topik yang berhubungan dengan dunia kerja. Misalnya, presentasi dengan pelanggan, pertemuan dengan rekan kerja, dan sebagainya. TOEIC hanya terdiri dari dua bagian tes: membaca dan mendengarkan. Periode TOEIC relatif singkat, 2 jam, dan TOEFL bisa bertahan hingga 4 jam. Bagaimana dengan skor TOEIC di ? Nilai TOEIC dimulai antara 5 dan 990. Nilai default untuk beberapa perusahaan adalah 700.

Jadi, jika Anda ingin bekerja di perusahaan asing, cobalah lebih dari 700! Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa perbedaan antara TOEFL dan TOEIC terletak pada fungsi dari masing-masing tes. Jika TOEFL adalah untuk belajar, TOEIC adalah untuk bekerja. Setelah mengetahui perbedaannya, jangan salah paham.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker