Lama Tidak Terdengar Kabarnya, Mantan Bupati Solok 2 Periode Ini Ternyata Sedang Kuliah S3

Abadikini.com, SOLOK – Tokoh yang satu ini begitu ramah, ia tidak pernah berhenti menyapa dengan senyuman. Tiap sebentar orang datang kepadanya, tiap sebentar pula ia menebar senyum kepada tamunya itu. Kata dia, senyum adalah ibadah. Dia, Gusmal Datuak Rajo Lelo, mantan birokrat dan Bupati Solok 2 Periode.

Gusmal pernah menjabat sebagai Bupati Solok sesudah Gamawan Fauzi dilantik sebagai Gubernur, kala itu ia memenangkan Pilkada bersama pasangannya, Desra Ediwan yang ketika itu merupakan Ketua Partai Golkar di Kabupaten Solok.

Setelah menunaikan amanah periode pertama dalam rentang waktu 5 tahun sepanjang 2005-2010, ia kemudian istirahat dalam dunia pemerintahan setelah kalah bertarung melawan kandidat kepala daerah pada Pilkada tahun 2010, ketika  pilkada 2010 itu mayoritas warga di Solok memilih Syamsu Rahim sebagai pemimpin mereka selama 5 tahun terhitung sejak 2010-2015.

Entah apa yang membuat dia kembali bertarung dalam pilkada 2015 itu, ia yang sudah tiarap selama 5 tahun dan fokus mengurus keluarganya kemudian maju kembali dalam pemilu kepala daerah berpasangan dengan Yulfadri Nurdin.

Pasangan ini kemudian berhasil memenangkan pilkada, keduanya menjadi pemimpin rakyat kabupaten solok selama 2016-2021, 5 tahun kepemimpinan pasangan ini membuat kabupaten Solok terasa sejuk, nyaris tidak ada kegaduhan selain riak-riak kecil dalam pemerintahan saat pengambilan keputusan.

Kini, setelah tidak lagi menjabat sebagai Bupati Solok, ia disebut-sebut sedang menjalani pendidikan tingkat doktor di Universitas Negeri Padang dan sudah semester akhir. Ketika dikonfirmasi kepadanya, ia membenarkan kabar itu.

“Iya, saya sedang kuliah S3 di UNP, doakan agar bisa segera wisuda, ya,”ucap Mantan Bupati Solok tersebut pada Abadikini.com via WhatsApp seperti dikutip, Selasa (7/12/2021).

Ia mengatakan tengah mengambil jurusan tentang kajian lingkungan dan pembangunan di UNP. ia juga mengaku banyak menghabiskan waktunya saat ini untuk mengurus usaha peternakan yang sedang dikembangkannya bersama keluarga. Meski demikian, sampai berita ini diturunkan, Abadikini.com belum berhasil mengkonfirmasi perguruan tinggi yang dimaksud.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker