Sekjen PBB Sebut Peran dan Kontribusi Disabilitas sangat Dibutuhkan

Abadikini.com, JAKARTA – Tanggal 3 Desember diperingati sebagi Hari Disabilitas Internasional (HDI). Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021 mengambil tema “Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel dan Berkelanjutan Pasca Covid-19”.

Tak sedikit pejabat negara atau politisi yang mengucapkan HDI, salah satunya dari Sekjen Partai Bulan Bintang Afriansyah Noor.

Kata Afriansyah, banyak penyandang disabilitas yang memiliki potensi luar biasa. Mereka memiliki kesempatan yang sama. Mereka juga bisa berpartisipasi pada berbagai bidang.

Pada momentum Hari Disabilitas Internasional ini, Afriansyah mengajak semua penyandang disabilitas saling memupuk semangat dalam menyongsong masa depan.

“Peran dan kontribusi sangat dibutuhkan. Semangat itulah yang akan mewarnai eksistensi penyandang disabilitas dalam segala hal,” kata Afriansyah.

Afriansyah menambahkan, saat ini pemerintah berkomitmen wujudkan Indonesia ramah kaum penyandang disabilitas, ini sesuai dengan  UU No 8  Tahun 2016 tentang Penyandang disabilitas.

“UU ini ini menjadi tonggak Charity Based menuju Right Based, perundangan disabilitas mempunyai hak asasi yang sama seperti manusia pada umumnya,” ungkapnya.

Afriansyah berharap dengan adanya UU Penyandang Disabilitas tidak ada lagi terjadi diskriminasi terhadap para penyandang disabilitas.

“Para penyandang disabilitas ikut terlibat dalam pembangunan yang ingklusif mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan hingga evaluasi,” ujarnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker