Ketua DPD RI LaNyalla Dorong Milenial Kuasai Pasar Ekonomi Digital

Abadikini.com, BANDUNG – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendorong generasi milenial untuk masuk dan menguasai pasar ekonomi digital yang memiliki potensi sangat besar.

Menurut LaNyalla, hal itu penting ditekankan agar Indonesia tidak hanya menjadikan sarana teknologi dan digital sebagai sarana hiburan belaka, tetapi bisa menjadikannya sarana untuk menciptakan produktivitas dan nilai tambah bagi perekonomian.

“Yang ingin saya tekankan dalam hal ini adalah, ayo bersiap. Tidak ada kata terlambat. Semua anak muda harus bersiap. Jangan sampai besarnya pasar ekonomi digital itu justru dinikmati oleh perusahaan-perusahaan besar dari luar negeri,” tutur LaNyalla saat menyampaikan Keynote Speech secara virtual pada acara Seminar Nasional Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Jumat (3/12/2021).

Pada acara yang mengambil tema ‘Digitalisasi dan Teknologi Sebagai Infrastruktur Bagi Milenial Dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045’, LaNyalla memaparkan besarnya potensi ekonomi digital.

Dari tahun ke tahun, kata LaNyalla, nilai transaksi belanja online terus meningkat. Tahun 2020 lalu mencapai Rp266 triliun.

“Tetapi ada satu keprihatinan dalam diri saya, karena masih maraknya produk impor di berbagai marketplace Indonesia,” tegas Ketua Dewan Penasehat KADIN Jatim itu.

Senator asal Jawa Timur itu tak menampik jika 90 persen, atau bahkan 95 persen, penjual di marketplace adalah orang lokal. Tetapi produk yang dijual justru kebalikannya, sekitar 90 persen adalah impor. Ini tentu harus menjadi perhatian bersama, karena begitu besarnya nilai transaksi belanja online kita, yang mencapai lebih dari Rp266 triliun itu, yang artinya mayoritas uang rakyat dibelanjakan untuk produk impor.

“Penjual di marketplace hanya ambil marjin. Nilai tambah utama tentu ada pada produk atau pelaku impor di luar negeri. Inilah salah satu PR kita untuk membawa anak-anak muda masuk dalam ekosistem belanja digital,” kata LaNyalla.

Tentu saja ketika berbicara ekonomi digital bukan hanya soal belanja
online. Di dalamnya ada berbagai segmen bisnis, ada aplikasi, ada software, ada teknologi bidang kesehatan, dan sebagainya. Belum lagi jika kita berbicara tentang perkembangan teknologi gelombang baru dunia digital seperti teknologi 5G, IoT atau internet of things, blockchain, artificial intelligence dan cloud computing.

“Semuanya itu jika kita tangkap dengan baik peluangnya, tentu akan sangat memperbaiki kualitas pertumbuhan ekonomi bangsa kita,” ujarnya.

Dikatakanya, banyak riset menunjukkan, ekonomi digital Indonesia akan tumbuh delapan kali lipat pada tahun 2030. Nilainya diprediksi mencapai 4.500-an triliun rupiah.

“Luar biasa besar, mengingat populasi bangsa kita yang juga besar, sehingga menjadikannnya sebagai pasar prospektif dari ekonomi digital,” tutur LaNyalla.

Namun, katanya, ada beberapa catatan penting yang harus dibenahi bila ingin
memperkuat daya saing dalam menghadapi pesatnya perkembangan ekonomi digital. Pertama, kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), karena kesiapan SDM adalah pilar dasar dalam ekosistem inovasi digital. Ditegaskan LaNyalla, digital hanyalah alat. Skemanya, inovasinya, terobosannya, peruntukannya, berdasarkan perencanaan dari manusia.

“Sehingga SDM kaum muda harus disiapkan sejak saat ini, tidak bisa ditunda-tunda lagi,” urai dia.

Kedua, kesiapan infrastruktur. Saat ini, fasilitas infrastruktur telekomunikasi belum merata, terutama di kawasan timur Indonesia. Akibatnya, terjadi kesenjangan digital. Mayoritas pengguna internet di Indonesia hanya berpusat di Jawa, Sumatera dan Bali.

“Tanpa pemerataan infrastruktur telekomunikasi, tentu akan sulit untuk menciptakan kaum muda kreatif dengan sentuhan digital di pelosok-pelosok negeri,” papar dia.

Ketiga, kesiapan regulasi. Dipaparkan LaNyalla, dunia digital adalah dunia yang begitu dinamis. Hitungan perubahannya bukan tahun, tapi hari, bahkan jam. Maka, kata dia, pemerintah harus menyiapkan regulasi yang tidak kuno, yang mengakomodasi perkembangan zaman, namun tetap dalam koridor aturan yang baik dan memihak kepada kepentingan bangsa.

LaNyalla percaya GMKI melalui kegiatan seminar nasional ini pasti ingin memberi kontribusi positif bagi perjalanan bangsa ini ke depan. Salah satunya dalam menyambut bonus demografi pada usia 100 tahun Indonesia. Apalagi, GMKI memilki tokoh panutan, yaitu dokter J. Leimena, yang juga Pahlawan Nasional Indonesia, sekaligus penggagas cikal bakal lahirnya GMKI.

“Karena itu, ke depan, saya berharap para anggota GMKI bisa terus mengaktualisasikan diri, belajar dengan giat, berorganisasi dengan baik, beribadah dengan tekun dan mengabdi kepada rakyat tanpa mengenal lelah, sehingga lahir dokter J. Leimena yang lain di era saat ini,” harap LaNyalla.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker