Wahana Antariksa NASA Pecah Rekar Capai Jarak Paling Dekat Dengan Matahari

Abadikini.com, JAKARTA – Wahana antariksa AS milik NASA, Parker Solar Probe berhasil membuat dua rekor baru selama terbang ke-10 kali dari Matahari.

Mengutip Daily Mail, Rabu (1/12/2021), penjelajah ruang angkasa itu berada dalam jarak terdekat yakni sekitar 5,3 juta mil atau 8,5 juta kilometer dari Matahari.

Pada penerbangan pada 21 November lalu itu, Parker Solar Probe juga memecahkan rekor lain sebagai benda tercepat yang melesat hingga 586.864 kilometer per jam.

Sebagai perbandingan, dengan kecepatan itu dapat mencapai Bumi ke Bulan dalam waktu kurang dari satu jam, sebuah perjalanan yang biasanya memakan waktu sekitar tiga hari.
Selama perjalanan ini, probe juga mendeteksi jumlah debu yang lebih tinggi dari yang diharapkan di dekat Matahari.

Nour Raouafi, ilmuwan proyek Parker Solar Probe di Johns Hopkins Applied Physics Laboratory di Laurel, Maryland mengungkapkan bahwa hasil ini bisa meningkatkan pemahaman tentang wilayah terdalam heliosfer.

“Yang menarik dari ini adalah sangat meningkatkan pemahaman kita tentang wilayah terdalam heliosfer kita, memberi kita wawasan tentang lingkungan yang sampai sekarang merupakan misteri,” ujarnya.

Sementara Parker Solar Probe tidak membawa detektor debu, saat butiran debu menabrak pesawat ruang angkasa, awan plasma tercipta. Awan ini menghasilkan muatan listrik unik yang ditangkap oleh beberapa sensor pada instrumen FIELDS probe yang dirancang untuk mengukur medan listrik dan magnet di dekat Matahari.

Debu dapat menimbulkan potensi bahaya pada benda luar angkasa ini, meskipun memiliki beberapa fitur untuk membantunya menahan kerusakan.

Jim Kinnison, insinyur sistem misi Parker Solar Probe menjelaskan, mereka merancang bahan dan komponen yang bertahan dari dampak debu berkecepatan tinggi dan efek dari partikel yang lebih kecil yang tercipta dalam dampak ini.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker