Direktur PDAM Sebut dalam Waktu Dekat IPA Desa Waiboga akan di Resmikan Ibu Bupati Kepulauan Sula

Abadikini.com, SANANA – Direktur Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara Budi Banapon menargetkan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA), yang terletak di Desa Waiboga, Kecamatan Sulabesi Tengah tuntas pada akhir 2021 ini untuk memperluas cakupan layanan air minum warga yang berada di kota Sanana.

Pasalnya, menurut Budi Banapon, pembangunan IPA di Desa Waiboga itu sudah di lakukan penyerahan pengelolaan oleh Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Malut kepada pihak PDAM Kepsul.

“IPA saat ini masih dalam pemeliharaan, walaupun sudah selesai dan digunakan tapi masih tanggung jawab pihak PDAM untuk melakukan pemeliharaan sampai dengan enam bulan,” kata Budi seperti dikutip, Rabu (1/12/2021).

Dia menjelaskan, untuk pelanggan PDAM yang ada di Kota Sanana saat ini masih 4000 sekian, belum mencukupi 5000, apalagi IPA yang baru saja selesai di bangun di Desa Waiboga itu akan menyuplai air 30 liter perdetik bahkan mampu menyuplai air 10.000 liter perdetik juga.

“Khusus di Kota Sanana saat ini sudah mempunyai empat sumber air yang pertama sumber air di Desa Waibau dan Desa Wailau, dua sumber air di dua desa tersebut mampu menyuplai air 20 liter perdetik,” selasnya.

Mantan Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kepsul ini juga mengingatkan di Desa Waiboga saat ini juga ada dua sumber air, yakni sumber air yang di bangun tahun sebelumnya mampu menyuplai air 10 liter perdetik dan yang kedua sumber air yang baru saja selesai di bangun itu akan menyuplai air 30 liter perdetik, empat sumber air ini semua terkoneksi dan di salurkan melalui Pipa Induk untuk mendistribusi ke semua wilayah Kota Sanana.

“Jadi saat ini walaupun hujan banjir tetap di distribusikan ke masyarakat karena IPA di Desa Waiboga inikan sudah mulai aktif. Walaupun air keruh, lewat fasilitas IPA yang ada ini dia bisa olah sehingga air tersebut menjadi jernih kembali, secara otomatis langsung distribusi ke masyarakat, kuantitas yang dibutuhkan masyarakat itu tidak terganggu bahkan kuantitasnya juga bisa di jamin karena telah melalui pengolahan,” jelas Budi.

Untuk itu, pihaknya berencana dalam waktu dekat pembangunan IPA di Desa Waiboga itu akan di resmikan oleh Ibu Bupati Kepulauan Sula Fifian Adeningsi Mus.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker