Muhammadiyah dan NU di Daerah Ini Bersinergi Demi Indonesia Maju dan Bermartabat

Abadikini.com, JEPARA – Tidak ingin kemesraan dirusak oleh perbedaan, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Cabang Nahdlatul ‘Ulama (PCNU) Jepara jalin silaturahmi guna perkuat persaudaraan dan ukhuwah Islamiyah, demi Indonesia maju dan bermartabat.

Menerima kunjungan silaturahmi PCNU Jepara, Ketua PDM Jepara Fachrurrozi menyambut hangat kedatangan mereka di Aula Muhammadiyah PDM, Kompleks Masjid At Taqwa pada, Senin (22/11). Dalam sambutannya, ia menyebut NU Jepara sebagai teladan baik bagi PCNU di daerah lain. Muhammadiyah dan NU harus bersinergi, perbedaan itu wajah tapi bukan alasan untuk pecah.

“Saya berharap semoga NU Jepara dapat menjadi teladan bagi Nu di kabupaten seluruh Indonesia. Muhammadiyah dan NU harus sama-sama bersinergi dalam menegakkan Islam dan mencari ridho Allah SWT, maka silaturahim yang sudah terjalin sejauh ini dapat menjadi persaudaraan dan menjadi ukhuwah Islamiyah,” kata Fachrurrozi seperti dikutip dari laman Muhammadiyah, JUmat (26/11/2021).

Kepada kader-kader muda kedua ormas tersebut, Fachrurrozi berharap supaya mereka senantiasa meneladani sikap tokoh para pendahulu dalam menghadapi perbedaan. Selain itu, pendiri kedua ormas ini, KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asyari merupakan santri di guru yang sama yakni Kiai Sholeh Darat, Semarang.

“NU dan Muhammadiyah itu satu perguruan, karena KH Ahmad Dahlan Dan KH Hasyim Asy’ari berguru pada Kyai Sholeh Darat semarang. Saran dari PDM Jepara ini agar bisa dikaji silsilah kedua tokoh ini untuk dikaji biar anak cucu kita jadi paham soal silsilah NU dan Muhammadiyah”, ujarnya.

Sementara itu, Ketua Rois Syuriah PCNU Jepara, Khayatun Nufus mengaku gembira atas sambutan yang dilakukan PDM Jepara terhadap rombongannya. Dia berharap kedepan hubungan baik yang sudah dibangun ini bisa berlanjut, dan dapat memberi manfaat untuk Jepara dan Indonesia secara luas.

“Intinya sebagai ormas besar di Jepara NU dan Muhammadiyah harus ikut berpartisipasi dalam sosial kemasyarakatan, jika kita tidak ikut peduli keadaan Jepara ini, bagaimana kelak anak cucu kita nanti, seperti dicontohkan bagaimana sekarang peredaran narkoba yang semakin merajalela, masalah ekonomi, sosial, politik lainnya”. Tandasnya.

Turut hadir dalam acara ini, ketua PDM Jepara Fachrurrozi, Sekretaris PDM Jepara Sholeh Sudarsono, Hambali, Fadkhan, Asep Sutisna, Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Sugiarti, Ketua Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA), perwakilan (Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) dan Kokam, perwakilan Tapak Suci , dan perwakilan IPM.

Sementara itu rombongan PCNU dipimpin oleh Rois Syuriah PCNU Jepara Khayatun Nufus, Ketua Tanfidziyah PCNU Jepara, Charis Rohman dan perwakilan Badan Otonom (Banom) NU Jepara.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker