Bakamla RI kunjungi Mabes Coastal and Maritime Guarda Civil Spanyol

Abadikini.com, JAKARTA – Dalam rangka mengembangkan perannya sebagai point of contact keamanan maritim nasional khususnya pada masa damai, setelah memenuhi undangan Turkish Coast Guard pada minggu lalu, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia juga melanjutkan kegiatan lawatan kesejumlah Coast Guard dan kali ini memenuhi undangan ke Mabes Coastal and Maritime Guarda Civil di Madrid, Spanyol, Kamis (25/11/2021) Kemarin.

Kedatangan kepala Bakamla RI disambut hangat oleh Kepala Coastal and Maritime Guarda Civil, Major General Guarda Civil Carlos Crespo Romero beserta stafnya. Dalam sambutannya, Kepala Bakamla RI mengatakan bahwa perlu ada penguatan kapasitas melalui kerjasama antar institusi keamanan negara-negara karena globalisasi yang telah menghilangkan batas virtual negara telah meningkatkan risiko transnational organized crime. Ini ancaman bersama yang memerlukan pengetahuan yang luas dan bisa didapat melalui berbagi pengalaman (sharing best practice).

Dalam kesempatan menerima kunjungan Bakamla RI, Mayjen Carlos memaparkan tentang Guarda Civil dan khususnya Coastal and Maritime Guarda Civil yang dipimpinnya. Selain itu, memperkenalkan juga pusat komando dan pengendalian (puskodal) yang dimiliki Coastal and Maritime Police Guarda Civil Spanyol.

Kedua kepala lembaga sepakat untuk membangun hubungan yang lebih intens dengan bertukar point of contact dalam rangka membuka jalan pertukaran informasi terkait keamanan dan keselamatan kapal-kapal Indonesia dan spanyol yang melintas di perairan kedua negara. Keduanya juga sepakat dalam waktu dekat akan menandatangani MoUnya. MoU tersebut akan berisi kesepakatan untuk capacity building dan trust building. Capacity building antara lain melalui kegiatan Diklat atau seminar dan trust building melalui pertemuan atau program pertukaran perwira/personel.

Dalam kunjungannya, Kepala Bakamla RI didampingi Deputi Jakstra Laksda Bakamla Tatit Eko Wicaksono, Direktur Kebijakan Laksma Bakamla Samuel Kowaas, Direktur Operasi Laut Laksma Bakamla Suwito, Direktur Hukum Laksma Bakamla Erry, Kabag Humas Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita dan Atase Pertahanan Indonesia Kolonel Pnb Agung Perwira Negara.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker