OKK RK 273 Unpad Gelar Webinar Kolaborasi Pentingnya Masker dan BHD

Abadikini.com, JAKARTA – Dalam rangka mendukung kegiatan Olah Kreativitas dan Kewirausahaan (OKK) yang sedang dilakukan oleh mahasiswa baru Universitas Padjadjaran (Unpad) 2021 group OKK RK 273 Unpad, Komunitas Pensiunan Pertamina (KP2) bersama dengan Komunitas Lansia Indonesia Bahagia Sejahtera (Klibsa), Kolaborasi Medis dan Da’i Nasional (Komda’inas) serta Forkom IDI wilayah dan cabang, melakukan kegiatan kolaborasi webinar dalam rangka Kampanye Perubahan Perilaku, Hari Pahlawan dan Hari Lansia.

Mentor OKK Abah dr. Norman Zainal mengajak milenials, generasi Z, mahasiswa, pelajar, dokter, tenaga kesehatan, da’i dan pensiunan serta masyarakat umum untuk mengikuti kegiatan OKK 273 seri ke-3 yang akan dilaksanakan pada Jumat 26 November 2021 secara daring.

Menurut dr. Norman, masker dan bantuan hidup dasar (BHD) merupakan suatu hal yang urgen di masa pandemi, dan menjadi masalah yang menarik bagi mahasiwa baru Group OKK RK273 Unpad untuk dipelajari dan dipahami serta dicarikan solusi nya.

“Masker memang sudah menjadi hal yang lumrah dipakai sejak awal munculnya virus corona. Meskipun pandemi sudah berlangsung lama tetapi masih banyak masyarakat yang tidak patuh untuk menggunakan masker. Dan juga banyak dari mereka yang masih salah dalam menggunakan maupun memilih masker yang tepat,” kata dr. Norman dalam siaran rilisnya, Kamis (25/11/2021).

Dia juga menilai rendahnya keteladanan yang dipertontonkan pemimpin dan tokoh masyarakat termasuk juga media mainstream kurang mencontohkan penggunaan masker pada saat siaran.

Padahal, lanjutnya, masyarakat Indonesia masih patrinial yang sangat manut dengan pimpinan dan tokoh. Kalau pimpinan, tokoh masyarakat dan media serta influencer mencontohkan yang baik dan benar maka masyarakat akan menirunya.

“Demikian sebaliknya. Hal inilah yang menjadi dasar ketertarikan mahasiswa baru ini dalam proses pembelajaran memahami masalah atau keadaan di tengah mayarakat,” ujarnya.

OKK RK 273 Mahasiswa Unpad Gelar Webinar Kolaborasi Pentingnya Masker dan BHD. Foto: Istimewa

Disisi lain, kata dia, mahasiswa OKK RK 273 Unpad juga menilai BHD juga merupakan suatu hal yang perlu diketahui dan dipahami masyarakat. BHD adalah serangkaian usaha awal untuk mengembalikan fungsi pernafasan dan atau sirkulasi pada seseorang yang mengalami henti nafas dan atau henti jantung.

Namun sayangnya masih banyak yang masih asing dan cenderung tidak tahu bagaimana langkah- langkahnya.
Kedua hal tersebutlah yang menjadi perhatian sejumlah mahasiswa dari kelompok OKK RK 273 Universitas Padjadjaran yang dimentori oleh dr. Norman Zainal.

“OKK adalah mata kuliah khusus yang hanya di dapat oleh semua mahasiswa baru Universitas Padjajaran di semester pertama pada 2021. Program ini adalah turunan dari konsep Kampus Merdeka dari Menteri Ristekdikti pada tingkat Universitas Padjadjaran,” jelasnya.

Kegiatan ini berupa pembelajaran karakter kepada mahasiswa baru Unpad dengan bobot 3 SKS selama 16 minggu. Mahasiswa diberikan pembelajaran karakter unggul berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila, agama, kewarganegaraan dan bahasa sebagai karakter nasional, serta nilai nilai khusus “ke-unpad-an” yang turun temurun diterapkan di Universitas Padjadjaran sebagai bentuk karakter unggul yang berasal dari kearifan lokal.

Dokter Norman menjelaskan, proses pembelajaran ini menggunakan teori Double Diamond dari Brown pada 2009, dan Triple Diamond Keterpaduan Mata Kuliah (Bunyamin, 2020 & Purnomo, D. dkk. 2021.

Berangkat dari kedua teori ini maka mahasiswa baru Unpad pada delapan minggu pertama diajak ‘memahami masalah’ dan delapan minggu berikutnya mahasiswa diwajibkan melakukan upaya nyata ‘menciptakan solusi’.

“Group OKK RK273 Unpad telah berhasil ‘memahami masalah’ bangsa Indonesia yang menarik minat mereka saat ini adalah endahnya pengetahuan, budaya dan keteladanan tentang masker dan BHD,” ujarnya.

Selanjutnya mahasisawa telah merumuskan dan menciptakan solusi yang akan mampu menyelesaikan masalah, yakni serangkaian kegiatan berupa ‘Kampanye Perubahan Perilaku Tentang Masker dan Bantuan Hidup Dasar Guna Menyelamatkan Nyawa Anak Bangsa’.

Dia menjelaskan, rangakaian kegiatan tersebut telah dimulai sejak 5 November 2021 dan akan berakhir pada 17 Desember 2021. Setiap minggu akan ada proyek sosial mahasiswa ini yang makin baik makin luas dan makin heboh dalam melakukan Kampanye Perubahan Perilaku ini secara asional dan internasional.

Bagi masyarakat silahkan ikuti acara besok dengan linkzoom meeting dibawah ini dan gratis. Topic: WEBINAR KOLABORASI Time: Nov 26, 2021 10:00 AM Jakarta Join Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/82450370443pwd=WmRXTjVGUVM0MkwvOXVPeHBiWDg5Zz09. Meeting ID: 824 5037 0443
Passcode: okk273

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker