Thailand Nilai Timnas Indonesia Menakutkan Saat Tampil di Piala AFF 2020

Abadikini.com, JAKARTA – Asisten pelatih Tim Nasional (Timnas), Thailand Jadet Meelarp, menilai Timnas Indonesia menakutkan saat tampil di Piala AFF 2020.

Meski tak satu grup, dia menilai skuad Garuda Muda selalu menyulitkan ketika bertemu dengan tim Gajah Perang. Thailand berada di Grup A Piala AFF 2020 bersama tuan rumah Singapura, Filipina, Singapura dan Timor Leste. Sedangkan Timnas Indonesia masuk dalam Grup B bersama, Kamboja, Laos, Malaysia, dan Vietnam.

Jadet mengomentari persaingan yang ada di grup B. Menurutnya, tim-tim di sana termasuk Indonesia patut diwaspadai karena Thailand selama ini kerap disulitkan.

“Di Grup B, Malaysia dan Indonesia juga sangat menakutkan sehingga kami tidak bisa subjektif dan menganggap remeh tim manapun,” kata Meelarp, dilansir dari media asal Vietnam Laodong.

Namun, Jadet memprediksi tim yang menjadi favorit juara tahun ini masih dipegang oleh Vietnam. Menurutnya, tim asuhan Park Hang-seo tersebut bermain luar biasa sejak kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu.

“Vietnam adalah salah satu kandidat terkuat [juara]. Saya melihat Vietnam tampil di pertandingan fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022, khususnya saat lawan Jepang. Mereka tampil baik,” ujarnya.

Meski demikian Meerlarp percaya Thailand tak pantas diremehkan di Piala AFF. Ia menilai kekuatan Vietnam saat ini lebih baik dari Thailand, tetapi begitu tampil di turnamen akan sangat berbeda.

“Kami sudah mempelajari dan memonitor situasi tim lawan dalam pertandingan uji coba. Jika ada waktu untuk persiapan, saya pikir tidak perlu ada pertandingan [uji coba untuk Thailand],” ucapnya.

Untuk pertandingan Piala AFF 2020, mayoritas kontestan telah melakukan persiapan. Indonesia dan Myanmar melakukan pemusatan latihan di Turki, sedang Singapura berlatih di Dubai, Uni Emirat Arab.

Adapun Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Filipina berlatih di dalam negeri. Begitu pula dengan Kamboja, Laos, dan Timor Leste, telah memulai pemusatan latihan yang berlangsung di dalam negeri.

Piala AFF 2020 akan dibuka dengan laga Singapura lawan Myanmar di Stadion Nasional pada 5 Desember. Adapun Timnas Indonesia akan menjalani laga perdana dengan melawan Kamboja pada 9 Desember.

Pembagian Grup Piala AFF 2020 (2021):
Grup A: Thailand, Myanmar, Filipina, Singapura, Timor Leste
Grup B: Vitnam, Malaysia, Indonesia, Kamboja Laos

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker