Manfaat Yoga untuk Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Abadikini.com – Yoga berasal dari kata Sansekerta “yuji” dan merupakan sebuah praktik yang berfungsi untuk menyatukan tubuh dan pikiran. Yoga mendorong pernafasan, meditasi, dan pose-pose yang dapat meningkatkan ketenangan serta mengurangi stres. Ada berbagai jenis yoga yang populer, tergantung dari postur, jenis rentangan, hingga otot apa yang difokuskan.

Yoga juga termasuk salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh siapapun, terlepas dari ada atau tidaknya pengalaman dalam melakukan berbagai pose yoga. Ide dari yoga sendiri adalah untuk mengeksplor limit dari tubuh Anda, bukan untuk mencari kesempurnaan dalam melakukan sebuah pose.

Tidak hanya untuk mengurangi tekanan pada tubuh, yoga juga dimanfaatkan oleh terapis sebagai cara terapi pasien yang cedera dengan mengontrol bagian-bagian tubuh yang sulit digerakkan. Dengan begitu, yoga bisa membantu proses penyembuhan tanpa tingkat stres yang tinggi.

Menerapkan yoga juga banyak bermanfaat untuk fisik dan mental seseorang. Anda juga tidak harus mendatangi studio yoga secara khusus untuk memulai. Cukup dengan menggunakan HP atau tablet untuk mengakses video yoga dari internet, Anda bisa langsung menerapkan yoga di sela-sela waktu luang Anda. Secara perlahan dan rutin, maka Anda akan terbiasa dengan gerakan-gerakan yoga.

Untuk Anda yang ingin memulai untuk mengimplementasikan yoga ke dalam kehidupan sehari-hari, simak apa saja manfaatnya!

Meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan

Dengan melakukan seluruh peregangan dalam melakukan yoga, Anda akan melihat peningkatan dari segi fleksibilitas anda terlepas dari berapa pun umur Anda. Selain itu, dengan usia yang semakin bertambah memang cenderung mengurangi keseimbangan tubuh seseorang. Oleh karena itu, menerapkan yoga dapat mencegah Anda terjatuh akibat ketidakseimbangan.

Mengurangi stres dan tingkat kecemasan

Yoga juga diketahui dapat membantu mengurangi hormon cortisol, salah satu penyebab stres dalam tubuh. Melakukan olahraga ini secara rutin setiap harinya mengurangi tingkat stres dan depresi.

Tidak sedikit juga penderita PTSD (post-traumatic stress disorder) dan kecemasan menggunakan yoga sebagai salah satu cara untuk menghadapi perasaan-perasaan tersebut. Setelah 2 bulan, mereka menerima hasil yang menyatakan bahwa tingkat kecemasan mereka menjadi jauh lebih kecil.

Membantu tidur lebih baik

Sebuah penilitian di tahun 2004 menunjukkan perubahan yang signifikan saat seseorang melakukan yoga secara rutin. Yoga membantu meningkatkan melatonin yang membantu meningkatkan waktu dan kualitas tidur, serta mengurangi kebutuhan untuk mengonsumsi obat tidur. Untuk Anda yang memiliki kesulitan tidur disarankan untuk menerapkan yoga secara konsisten agar dapat tidur dengan lebih nyenyak dan bangun dengan lebih segar di pagi hari.

Jantung yang lebih sehat

Jantung adalah organ yang berfungsi untuk membawa darah ke seluruh tubuh, dan yoga merupakan salah satu cara yang bisa Anda terapkan untuk memastikan kesehatan jantung Anda. Mempraktikan yoga diketahui dapat menenangkan dan membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Selain itu, masalah darah tinggi juga jadi satu dari beberapa faktor yang bisa mendorong risiko gagal jantung, khususnya bagi orang-orang yang sudah berusia lanjut. Melakukan yoga dengan rutin akan membantu mengurangi risiko gagal jantung, serta mencegah dan memperlambat proses penyakit jantung dalam tubuh.

Nafas yang membaik

Salah satu jenis yoga, pranayama (atau yogic breathing), adalah praktik yoga yang fokus pada mengontrol pernapasan dengan menggunakan berbagai jenis teknik. Menerapkan jenis yoga ini dapat membantu meningkatkan kapasitas udara yang masuk ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, pranayama menjadi olahraga yang cocok sekaligus bisa menjadi bentuk terapi untuk Anda yang memiliki asma atau pengakit paru-paru lainnya. Dengan nafas yang semakin membaik, hal tersebut akan memberikan dampak yang positif untuk mendukung aktivitas harian.

Tubuh yang kuat

Selain tubuh yang lebih fleksibel, yoga dapat membantu memperkuat otot-otot Anda juga. Terdapat beberapa jenis yoga yang bertujuan untuk meningkatkan daya otot dan kekuatan Anda. Dalam kurun beberapa minggu saja, Anda akan melihat perubahan yang drastis, mulai dari ketahanan tubuh yang meningkat, kekuatan dan stamina yang bertambah, dan penurunan berat badan yang seimbang.

Pola makan sehat

Disebutkan sebelumnya bahwa yoga membantu Anda fokus untuk menyatukan tubuh dan pikiran Anda. Dengan memastikan tubuh menerima makanan yang baik dan bergizi, Anda juga akan diajarkan untuk menerapkan mindful eating.

Mengetahui pasti makanan apa saja yang masuk, tidak makan terlalu sedikit atau terlalu banyak, pola diet ini akan membantu Anda mengontrol kadar gula dalam tubuh, mengurangi pola gangguan makan, dan menurunkan berat badan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker