Jelang WSBK Mandalika, Hotel dan Homestay Full, Rumah Warga Juga Jadi Incaran Turis

Abadikini.com, LOMBOK –  Tingkat hunian Hotel dan Homestay rata-rata full booking menjelang Wolrd Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, sehingga rumah warga di lingkar sirkuit banyak dijadikan tempat penginapan para turis lokal maupun mancanegara.

“Informasinya menjelang WSBK ini banyak rumah warga yang disewa untuk dijadikan tempat penginapan,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lombok Tengah, Lendek Jayadi di Praya, Kamis (18/11/2021).

Ia mengatakan, akupansi penginapan hotel tidak hanya meningkat di Kabupaten Lombok Tengah, namun di daerah lain seperti di Mataram dan Lombok Barat juga meningkat bila dibandingkan dengan sebelumnya.

“Allhamdulilah full booking baik Hotel maupun Homestay,” katanya dikutip Antara.

Jayadi mengatakan, jumlah kamar hotel dan homestay yang tersedia saat ini di Lombok Tengah itu mencapai 3000 kamar, belum termasuk penginapan homestay. Sedangkan jumlah penonton pada WSBK Mandalika 2021 ini sekitar 25 ribu orang.

“Artinya sebagian penonton ada yang menginap di luar Lombok Tengah,” ujarnya.

Dengan adanya peningkatan akupansi kamar Hotel itu, membuat beberapa penonton yang akan menyaksikan balapan terpaksa mencari rumah warga untuk di sewa, supaya ada tempat mereka menginap dan tidak terlalu jauh dari Sirkuit Mandalika.

“Banyak rumah warga yang di sewa untuk dijadikan penginapan, termasuk Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) rumah warga yang telah tuntas dikerjakan,” ungkap Jayadi.

“Untuk harha sewa hotel dan homestay tetap normal sesuai dengan hukum ekonomi,” katanya.

Ia mengatakan, dengan adanya ajang Wolrd Superbike di Sirkuit Mandalika tanggal 19-21 November yang akan digelar berbarengan dengan Asian Talent Cup akan membawa peluang kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Kegiatan ini akan membawa dampak positif bagi kebangkitan pariwisata di NTB. Kita berharap masyarakat supaya ikut mendukung dan mensuksekan ajang balapan Internasional ini,” kata Jayadi.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker