Indonesia Jadi Negara Pembuat Konten Reels Instagram Teraktif di Dunia

Abadikini.com, JAKARTA – Indonesia merupakan salah satu negara pembuat konten Reels Instagram teraktif di dunia. Hal ini disebutkan oleh Country Director untuk Meta Indonesia, Pieter Lydian.

Sejak diluncurkan Juni 2021 lalu, Reels disebut telah bertumbuh dan bergerak dengan sangat pesat di Indonesia.

Reels yang merupakan salah satu fitur video singkat di Instagram itu telah menjadi sebuah wadah bagi pengguna Instagram di Indonesia untuk mengekspresikan diri, membuat tren, menjelajahi minat, bahkan mengubah passion mereka menjadi sumber penghasilan.

Tak heran jika hanya dalam kurun waktu lima bulan, Indonesia telah menjadi salah satu negara dengan pembuat konten Reels paling aktif di dunia. Tab Reels juga tercatat berkontribusi secara signifikan terhadap proporsi waktu yang dihabiskan di Instagram oleh pengguna asal Indonesia secara keseluruhan.

“Reels merupakan bagian besar dari masa depan konten entertainment di Instagram. Dalam kurun waktu kurang dari 150 hari, Indonesia telah menjadi salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan Reels tercepat di Asia Tenggara,” ujar Pieter dalam rilis resmi, Kamis (18/11/2021).

Data internal Instagram menunjukkan kesuksesan Reels di Indonesia disebabkan oleh kehadiran konten-konten yang dicari pengguna yakni entertainment atau konten yang menghibur.

Reels juga disebut menjadi sangat populer karena sering menyajikan konten hiburan yang personal dan sesuai dengan apa yang pengguna sukai.

Instagram kini tengah melakukan uji coba penggabungan konten video singkat di bawah 15 menit menjadi Reels sebagai fitur barunya. Uji coba ini disebut akan memudahkan pengguna saat membuat konten video di Instagram.

Uji Coba Fitur Video Baru
Format video singkat yang akan secara otomatis diubah menjadi konten Reels adalah video feed dan IGTV yang durasinya kurang dari 15 menit. Namun, jika lebih dari 15 menit, video akan tetap dalam format IGTV.

Ini disebut merupakan jawaban atas kebutuhan yang selama ini diinginkan oleh para penggunanya, yakni video menghibur di feed serta pengalaman menjelajahi konten video layar penuh dengan kualitas tinggi.

Uji coba ini juga akan memudahkan para kreator dalam membuat konten video singkat, dan mendorong konten tersebut dapat ditemukan oleh audiens yang lebih luas melalui tab khusus Reels.

Selain itu, Instagram juga memudahkan pengalaman pengguna dalam menjelajahi dan menemukan konten video berdurasi panjang dengan menghadirkan tab khusus untuk video di profil.

“Uji coba ini dirancang untuk membuat pengalaman menonton video di Instagram lebih immersive, layar penuh dan lebih menyenangkan. Kami juga berharap Reels akan terus melahirkan lebih banyak talenta-talenta baru di Instagram.”

“Kami sangat senang melihat pertumbuhan Reels di Indonesia dan kami berharap perubahan ini akan mendorong pertumbuhan tersebut lebih cepat lagi bagi semua pengguna Instagram, baik itu konsumen, kreator, maupun pelaku bisnis,” ugkap Pieter.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker