Kemacetan di Depan Pasar Aia Baluluak Nagari Sungai Nanam Perlu Diatasi

Abadikini.com, SOLOK – Setiap hari pasar kemacetan terjadi didepan pasar Aia Baluluak Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Selain karena padatnya arus lalu lintas, diduga ada proses bongkar muat barang dagangan di bahu jalan sebelah kanan dan kiri. Hal itu perlu diatasi.

Pantauan Abadikini.com pada Senin, 16 November 2021 pagi, terjadi kemacetan panjang di ruas jalan itu. Arus lalu lintas dari arah Rimbo Data menuju Alahan Panjang dan sebaliknya dipadati kendaraan dengan penuh sesak. Diduga, penyebab kemacetan itu karena ada transaksi jual beli dan bongkar muat barang dagangan di kanan dan kiri jalan. Pelajar dan wali murid yang mengantarkan anak mereka untuk sekolah di Padang Laweh dan Alahan Panjang tampak resah, ia khawatir anak mereka terlambat tiba di sekolah.

“Waduh, macet panjang. Jam berapa dedek tiba di sekolah ini,”kata salah seorang wali murid yang memboncengi anaknya untuk ke sekolah di salah satu SD di Padang Laweh.

Selain mereka, sejumlah tenaga kependidikan dari berbagai sekolah juga tampak terjebak dalam kemacetan. Mereka yang terjebak macet itu tampak sering melihat jam di tangan mereka, raut wajah mereka seperti merisaukan sesuatu. Pasalnya, hari Senin adalah hari upacara rutin di sekolah dan mereka harus mengikuti upacara bendera bersama muridnya.

Kapolsek Lembah Gumanti, Iptu. Edi Elison mengatakan kemacetan itu tidak pertamakali terjadi melainkan sudah terjadi bertahun-tahun dan perlu diatasi segera. Ia berjanji akan berkoordinasi dengan Pemerintah Nagari dan mengajak masyarakat untuk tertib berkendara dan tertib dalam bertransaksi di depan Pasar Aia Baluluak serta pasar Alahan Panjang maupun di Pasar Taratak Pauah.

Kata dia, tanpa bantuan dari Pemerintah dan masyarakat masalah kemacetan itu sulit diatasi, sebab, apabila polri terlalu keras menindak mereka yang tidak tertib nanti orang melihat polri arogan. Kapolsek tidak menginginkan bentrokan antara polri dengan masyarakat sehingga ia akan mengajak semua pihak untuk mengatasi kemacetan di Pasar Aia Baluluak itu.

“Nanti kami akan koordinasi dengan Pemerintah Nagari dan tokoh masyarakat untuk mencari solusi kemacetan ini, karena memang ini sudah terjadi bertahun-tahum dan tidak hanya di Pasar Aia Baluluak saja melainkan juga di Pasar Alahan Panjang maupun Pasar Taratak Pauh. Semoga dengan bersama, kita bisa memberikan solusi,”kata Kapolsek pada media ini.

Kapolsek juga mengatakan kalau pihaknya memiliki sejumlah opsi untuk mengatasi masalah kemacetan itu, namun opsi apapun yang diambil tetap memerlukan kontribusi dan partisipasi langsung dari masyarakat dan pemerintah. “Kalau nanti pemerintah dan pengelola pasar sudah membuat aturan, polri bisa menjalankan aturan itu. Tinggal bagaimana kita menurunkan satu atau dua orang petugas kesana, nanti bisa tertib,”ujar dia.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker