Peretas Situs BPPT Umumkan di Twitter

Abadikini.com, JAKARTA – Sub domain Situs Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) diretas dengan metode deface. Peretas mengumumkannya di akun Twitternya  @son1x777.

Pada postingan di akun tersebut peretas menampilkan tangkapan layar situs BPPT ra.bppt.go.id yang telah mengalami deface.

Tampilan pada situs tersebut diubah menjadi gambar ‘malaikat maut’ yang dibarengi dengan catatan ‘hacked by theMx0nday.’

Pada tangkapan layar tampilan situs juga ditampilkan nama-nama aktor yang berperan dalam serangan tersebut, yaitu @son1x777, @bky_992, dan @xtdins1x.

Pada cuitan tersebut, peretas menjabarkan situs yang BPPT yang telah mereka retas seraya mengejek instansi tersebut.

“BPPT – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi hacked” tulisnya.

“Terlalu malas untuk memutar jaringan,” lanjutnya tersebut.

Dilansir dari situs induk BPPT, web defacement atau serangan deface adalah serangan siber yang melibatkan pengubahan pada halaman situs web. Perubahan pada tampilan web bisa berupa berubahnya gambar atau teks maupun link terhadap halaman web lain.

Aktor dari serangan ini diduga merupakan peretas yang sama yang melakukan serangan pada situs Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) beberapa waktu lalu dan diduga berasal dari Brasil.

Para peretas yang menyebut dirinya tergabung dalam tim theMx0nday ini diduga berasal dari Brasil.

Sebelumnya pada serangan mereka ke situs BSSN, para peretas menyebut serangan dilakukan untuk membalas atas apa yang dilakukan peretas Indonesia kepada situs milik pemerintah Brazil.

“Sonix sempat disini. Deface ini dilakukan untuk merespons peretasan dari Indonesia terhadap situs Brazil. Lihat betapa mudah mengacaukan negara kacau Anda,” tulis si peretas itu.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker